Terkontaminasi DEG, Ini Bahaya Obat Naturcold yang Tewaskan 6 Anak Afrika

Senin, 31 Juli 2023 - 16:40 WIB
loading...
A A A
WHO mengungkap obat sirup Naturcold ini terkontaminasi DEG. Disebutkan bahwa hasil pengujian yang dilakukan pada WHO Contracted and Prequalified Laboratory, sampel produk sirop obat Naturcold itu mengandung cemaran DEG melebihi ambang batas yang ditentukan.

Sementara itu, berdasarkan Public Alert No. 013/2023 Alert on Killer Cough Syrup Manufactured by Fraken in Cameroon yang dikeluarkan oleh NAFDAC Nigeria tanggal 23 April 2023.

Diinformasikan bahwa produk sirop obat NATURCOLD diduga menyebabkan kematian pada 6 (enam) anak berusia di bawah 5 tahun di distrik Fundong, wilayah Barat Laut Kamerun. Produk tersebut juga diduga tidak memiliki izin edar di Kamerun dan diperoleh dari sumber ilegal.

Sebabkan Gagal Ginjal

Etilen glikol dan dietilen glikol adalah zat kimia yang memiliki efek toksik. Bila dikonsumsi diambanh batas, tentu bisa memicu penyakit mematikan. Keracunan zat kimia tersebut dapat mengakibatkan gangguan pencernaan hingga gagal ginjal akut.

Zat ini pun memiliki wujud cair dan tidak berbau serta berwarna. Karenanya, zat Etilen glikol dan dietilen glikol biasa ditemukan dalam obat sirup.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)