Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Jahat dengan Kismis, Wajib Rutin Dikonsumsi

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 08:13 WIB
loading...
Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Jahat dengan Kismis, Wajib Rutin Dikonsumsi
Camilan yang cepat menurunkan gula darah dan kolesterol jahat sangat beragam. Makanan yang membantu mengurangi gula darah dan kolesterol jahat adalah kismis. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Camilan yang cepat menurunkan gula darah dan kolesterol jahat sangat beragam. Salah satu makanan yang berpotensi membantu mengurangi gula darah dan kolesterol jahat adalah kismis.

Dilansir dari Express, Jumat (4/8/2023) sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Lipid in Health and Disease menemukan bahwa satu cangkir buah kismis menurunkan kolesterol jahat .

Para peneliti dari universitas di AS menguji hasil makan kismis pada sekelompok 34 orang dewasa. Beberapa peserta diberi satu cangkir kismis setiap hari selama enam minggu.

Sementara yang lain harus meningkatkan langkah harian mereka. Sedangkan kelompok ketiga melakukan kombinasi keduanya.



“Kismis adalah sumber serat makanan dan polifenol yang signifikan, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dengan memengaruhi metabolisme dan peradangan lipoprotein,” jelas penelitian tersebut.

“Tekanan darah sistolik berkurang untuk semua subjek. Kolesterol total plasma menurun sebesar 9,4 persen untuk semua subjek, yang dijelaskan oleh pengurangan 13,7 persen kolesterol jahat plasma,” lanjutnya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa modifikasi gaya hidup sederhana seperti menambahkan kismis ke dalam makanan atau meningkatkan langkah berjalan memiliki efek menguntungkan yang berbeda pada risiko CVD.

Penelitian terpisah yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Science mengungkapkan bahwa makan kismis secara signifikan mengurangi kadar glukosa postprandial. Ini merupakan gula darah hingga empat jam setelah makan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4212 seconds (0.1#10.140)