5 Makanan Paling Buruk untuk Kesehatan Mental, Ada Fast Food dan Roti Putih

Minggu, 06 Agustus 2023 - 23:43 WIB
loading...
5 Makanan Paling Buruk untuk Kesehatan Mental, Ada Fast Food dan Roti Putih
Penyebab kesehatan mental bisa dari berbagai faktor. Salah satunya makanan cepat saji. Foto/ mashed.
A A A
JAKARTA – Penyebab kesehatan mental bisa dari berbagai faktor. Salah satunya makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat seseorang merasakan kecemasan hingga depresi.



Tentu hal tersebut tidak boleh terjadi. Untuk itu, perlu diketahui, makanan apa saja yang memperburuk kesehatan mental.

Dikutip dari yourmentalhealthpal pada Minggu (6/8/2023), berikut lima makanan yang buruk untuk kesehatan mental.

1. Fast food atau makanan siap saji

Fast food atau makanan siap saji tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, juga buruk untuk kesehatan mental. Pasalnya, makanan siap saji dapat menghambat pensinyalan neurotransmiter, seperti dopamin dan serotonin (hormon bahagia). Hal ini dapat menyebabkan depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Selain itu, dikutip dari Bay Side Psychoterapy, peneliti Kanada telah menemukan bahwa makanan cepat saji seringkali dapat membuat orang merasa lebih terburu-buru atau tidak sabar.

2. Makanan dan minuman mengandung tinggi gula

Makanan yang mengandung gula bisa memberikan dorongan energi yang besar. Bahkan, makanan manis ini dinilai mampu membuat suasana hati menjadi bahagia. Namun, jika dikonsumsi berlebih dapat membahayakan tubuh.

Ini karena akan terjadi perubahan kimiawi tertentu dalam tubuh yang membuat penikmatnya ingin terus mengonsumsi makanan manis. Bahayanya ketika hal tersebut terjadi dan kamu tidak menurutinya, maka nantinya akan merasakan cemas hingga depresi.

Sementara, jika menuruti mengonsumsi makanan manis secara terus menerus, tubuh akan mengalami masalah kesehatan, seperti diabetes, obesitas, hingga darah tinggi.


3. Minuman mengandung kafein

Minuman mengandung kafein seperti kopi danteh saat ini banyak digandrungi banyak orang. Terlihat dari coffee shop yang menjamur di Indonesia.

Kafein memang dapat membantu tubuh menjadi lebih fokus dan mata menjadi tidak mengantuk. Namun, di samping itu juga kafein mampu meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Kedua hal ini merupakan tanda dari gangguan kecemasan.

Jika kamu memang masih membutuhkan minuman berasa, cobalah untuk mengonsumsi teh herbal sebagai gantinya. Teh herbal mampu menurunkan kecemasan serta menurunkan kadar kortisol sehingga membantu tubuh merasa rileks.

4. Alkohol

Banyak orang percaya alkohol mampu meredakan depresi karena memiliki efek menenangkan sesaat pada otak. Namun, kesalahpahaman ini menjadi bumerang. Terkadang seseorang akan mengonsumsi alkohol berlebih untuk lebih menenangkan.

Padahal, pada kenyataannya asupan alkohol menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan gejala mabuk fisik yang dapat menyebabkan kecemasan. Selain itu mengonsumsi alkohol juga menyebabkan penipisan Vitamin B, yang menyebabkan suasana jadi hati rendah.

5. Roti putih

Sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali jenis roti yang dikonsumsi sehari-hari. Roti putih yang terbuat dari tepung putih olahan menyebabkan penumpukan gula di tubuh. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan energi yang dapat menimbulkan depresi dan kecemasan. Jadi, tidak perlu khawatir tidak dapat mengonsumsi roti. Kini, cobalah ganti roti putih dengan roti gandum utuh agar menjadi lebih sehat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)