Atasi Sakit Perut dengan Jahe

Selasa, 10 Januari 2017 - 18:20 WIB
Atasi Sakit Perut dengan Jahe
Atasi Sakit Perut dengan Jahe
A A A
JAKARTA - Siapa yang tak mengenal jahe. Tumbuhan rempah ini merupakan salah satu bahan yang wajib ada di rumah-rumah, baik untuk bumbu berbagai masakan hingga pengobatan secara tradisional.

Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Kandungan karminatif pada Jahe membuatnya sempurna untuk menjaga kesehatan, khususnya saat musim dingin.

Lantas apa saja manfaat jahe? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times of India.

1. Meredakan sakit perut dan masalah lambung
Siapkan satu gram jahe segar yang sudah dikupas dan potong secara kecil-kecil. Selanjutnya campur potongan jahe dengan garam secukupnya dan makan. Ini akan membantu meringankan sakit perut hingga masalah lambung.

2. Meringankan batuk dan flu
Musim dingin membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit, seperti flu dan batuk. Atasi kondisi tersebut dengan membuat sirup obat batuk menggunakan jahe dan madu. Caranya, ambil satu sendok makan madu mentah dan tambahkan beberapa tetes jahe atau parutan jahe. Aduk rata dan konsumsi obat ini dua sampai empat kali dalam sehari.

3. Menghangatkan tubuh
Kandungan gingerol dan zingerone pada jahe dipercaya akan membuat tubuh tetap hangat saat musim dingin. Ambil satu sendok makan irisan jahe dan memasukkan ke dalam dua cangkir air mendidih selama sepuluh menit. Selanjutnya tambahkan beberapa tetes madu dan air jahe pun siap dikonsumsi. Minum dua hingga tiga kali sehari akan membuat tubuh tetap hangat.

4. Mengurangi nyeri dan peradangan
Sifat inflamasi membuat jahe menjadi obat yang tepat untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Caranya, kupas beberapa jahe dan didihkan dalam air selama sepuluh menit dan tambahkan air jeruk nipis serta madu secukupnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5379 seconds (0.1#10.140)