7 Seafood yang Tidak Mengandung Gula Darah Tinggi, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 13:54 WIB
loading...
7 Seafood yang Tidak Mengandung Gula Darah Tinggi, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes
Beberapa seafood yang tidak mengandung gula darah tinggi aman dikonsumsi penderita diabetes. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada beberapa seafood yang tidak mengandung gula darah tinggi. Ini sangat aman dikonsumsi penderita diabetes .

Bagi mereka yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil, pemilihan makanan menjadi langkah penting. Tak jarang penderita diabetes menghindari konsumsi seafood untuk menjaga kadar gula darah.

Berikut jenis seafood yang tidak mengandung gula darah tinggi.

Seafood yang Tidak Mengandung Gula Darah Tinggi

1. Ikan Salmon


Ikan Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan protein berkualitas tinggi, omega-3 dan asal lemak sehat.

Omega-3 dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam mengatur kadar gula darah. Dengan konsumsi rutin, ikan salmon dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi sel tubuh.

2. Ikan Sarden


Selain ikan Salmon, ikan Sarden juga mengandung sumber protein dan Omega-3 yang baik serta mengandung rendah kalori. Selain itu ikan Sarden juga mengandung vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang.


3. Udang


Udang adalah sumber protein tinggi yang rendah lemak jenuh. Protein dapat membantu menjaga kenyang lebih lama dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Selain itu, udang juga mengandung mineral selenium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem imun dalam mencegah kerusakan sel tubuh.

4. Ikan Tuna


Sama seperti udang, ikan tuna juga kaya akan protein dan rendah lemak. Kandungan protein juga dapat membantu menjaga massa otot dan membantu mengatur gula darah.

Ikan Tuna juga mengandung Vitamin D, Vitamin B dan mineral seperti selenium, yang semuanya penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

5. Kerang


Kerang adalah sumber protein yang rendah lemak dan mengandung sejumlah nutrisi penting seperti Vitamin B12, Zink dan Selenium.



Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf, sistem kekebalan tubuh dan mengatur fungsi tiroid.

6. Ikan Cod


Sama seperti jenis seafood yang sudah dijelaskan di atas, ikan Cod juga mengandung protein yang tinggi dan lemak sehat serta rendah kandungan karbohidratnya.

Ikan Cod juga mengandung berbagai macam vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti Vitamin B6 dan Vitamin B12. Vitamin B kompleks penting untuk metabolisme karbohidrat dan mengatur gula darah.

7. Cumi-Cumi


Cumi-cumi mengandung Vitamin B12 dan Zat Besi, di mana Vitamin B12 berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan mengatur produksi sel darah merah.

Selain memilih jenis seafood apa yang mengandung kadar gula rendah, pengolahan seafood juga perlu diperhatikan.

Pastikan untuk mengolah seafood dengan cara sederhana seperti dikukus, direbus atau sekedar dipanggang untuk mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dengan memasukan berbagai jenis seafood yang rendah gula ke dalam pola makan seimbang, Anda dapat menjaga kesehatan gula darah dan mendapatkan manfaat nutrisi yang melimpah.

Itulah ulasan mengenai jenis seafood yang tidak mengandung gula darah tinggi. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)