Studi: Berjalan 4.000 Langkah Sehari Bisa Kurangi Risiko Kematian

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 14:50 WIB
loading...
Studi: Berjalan 4.000 Langkah Sehari Bisa Kurangi Risiko Kematian
Studi terbaru menemukan berjalan 4.000 langkah sehari mengurangi risiko kematian. Penelian ini dilakukan Tim di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menemukan bahwa berjalan 4.000 langkah sehari bisa mengurangi risiko kematian akibat kondisi apapun. Penelian ini dilakukan oleh Tim di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins dan Universitas Kedokteran Lodz, Polandia.

Dilansir dari Express, Sabtu (12/8/2023) peneliti melibatkan 226.889 orang dari 17 penelitian.

Hasilnya ditemukan, bahwa mereka yang berjalan 1.000 langkah per hari mengurangi kemungkinan kematian sebesar 15 persen. Menambahkan 500 langkah dikaitkan dengan kematian akibat penyakit kardiovaskular tujuh persen lebih rendah.

Angka ajaibnya adalah berjalan 4.000 langkah setiap hari bisa mengurangi risiko kematian akibat kondisi apapun.



"Studi kami menegaskan bahwa semakin banyak Anda berjalan, semakin baik," kata kardiologi di Medical University of Lodz Profesor Maciej Banach.

"Kami menemukan bahwa ini berlaku untuk pria dan wanita, tanpa memandang usia, dan terlepas dari apakah Anda tinggal di wilayah beriklim sedang, subtropis, atau subkutub di dunia, atau wilayah dengan campuran iklim," sambungnya.

Pakar mengatakan penekanan pada diet dan olahraga bisa sama baiknya. Hal ini bahkan bisa lebih efektif dalam mengurangi risiko kardiovaskular dan memperpanjang hidup.

Namun, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki apakah ada manfaat untuk jenis aktivitas intensif, seperti lari maraton. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan kurangnya olahraga adalah penyebab kematian paling sering keempat di dunia.



Layanan Kesehatan Inggris (NHS) merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu. Cara mudah untuk mencapai target tersebut adalah dengan berkomitmen untuk berjalan kaki selama 30 menit, lima hari dalam seminggu.

Olahraga alternatif dapat mencakup berenang, joging, menari, dan mengendarai sepeda.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)