Tingkat Polusi Udara di Jakarta Tinggi, Ini Bahayanya bagi Kesehatan Paru

Senin, 14 Agustus 2023 - 15:40 WIB
loading...
Tingkat Polusi Udara di Jakarta Tinggi, Ini Bahayanya bagi Kesehatan Paru
Polusi udara itu menyebabkan banyak masyarakat mengalami masalah kesehatan. Foto Ilustrasi/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Kondisi udara di Indonesia, khususnya beberapa kota besar seperti Jakarta, semakin memprihatinkan. Polusi udara itu menyebabkan banyak masyarakat mengalami masalah kesehatan.

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mengatakan, efek polusi pada paru-paru tidak main-main. Bahkan tingkat keparahannya dipengaruhi berbagai kombinasi.

"Tingkat keparahan efek polusi pada paru-paru tergantung pada kombinasi faktor yaitu, tingkat dan durasi paparan, polutan spesifik yang ada, status kesehatan individu, dan kondisi paru-paru yang sudah ada sebelumnya," tulis dr Erlina dalam cuitannya di Twitter @erlinaburhan, Senin (14/8/2023).



Dokter Erlina menjelaskan efek polusi yang dapat mempengaruhi paru-paru. Dia mengatakan, paparan polusi dapat menyebabkan penurunan fungsi paru secara bertahap.

"Paru-paru tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. Akibatnya ketahanan fisik dan kualitas hidup pun menurun," jelasnya.

Kemudian juga peningkatan risiko infeksi saluran pernapasan seperti ISPA, pneumonia, dan bronkitis karena melemahnya kekebalan. Anak-anak dan orang tua lebih rentan terhadap infeksi ini.

"Rentan juga terjadi serangan asma lebih sering dan parah saat terpapar udara yang tercemar (polusi udara dikenal sebagai pemicu serangan asma)," ungkapnya.



Dokter Erlina juga menyebut, paparan polusi tingkat tinggi dengan jangka waktu panjang dikaitkan dengan perkembangan penyakit paru-paru kronis seperti COPD atau PPOK.

"Ditandai dengan keterbatasan aliran udara, bronkitis kronis, dan emfisema. Meningkatnya risiko kanker dari karsinogen di udara karena kontak yang terlalu lama, serta gangguan perkembangan paru pada anak yang dapat bertahan hingga dewasa," bebernya.

Lebih lanjut dr. Erlina mengatakan, risiko komplikasi parah dan rentan gejala pada orang yang telah memiliki kondisi paru-paru kurang baik, penyakit kardiovaskular, atau masalah kesehatan kronis lain.

"Betapa berpengaruhnya polusi udara terhadap kesehatan. Oleh karena itu mari bersama-sama menjaga lingkungan kita dan mencari solusi yang efektif untuk mengatasinya," tutup dr. Erlina.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)