10 Cara Cepat Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Salah Satunya Batasi Makanan Tinggi Purin

Selasa, 15 Agustus 2023 - 18:19 WIB
loading...
10 Cara Cepat Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Salah Satunya Batasi Makanan Tinggi Purin
Cara cepat menurunkan asam urat bisa dilakukan tanpa obat. Perubahan pola makan, membatasi makanan tinggi purin membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara cepat menurunkan asam urat bisa dilakukan tanpa obat. Perubahan pola makan, seperti menghindari alkohol dan membatasi makanan tinggi purin dan minuman tertentu, dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat merupakan produk limbah alami dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam kadar tinggi pada beberapa makanan seperti daging merah, daging organ, sarden dan bir.

Kadar asam urat yang normal berada di bawah 6,8 mg/dL. Kadar asam urat yang tinggi (di atas 6,8 mg/dL) dikenal sebagai hiperurisemia. Kondisi ini dapat menyebabkan asam urat dengan gejala nyeri sendi yang menumpuk serta membuat darah dan urine menjadi asam.

Cara Cepat Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat



Berikut cara cepat menurunkan asam urat tanpa obat dilansir dari Health Line, Selasa (15/8/2023).



10 Cara Cepat Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat, Salah Satunya Batasi Makanan Tinggi Purin

Foto/Infografis SINDOnews

1. Batasi Makanan Kaya Purin


Anda dapat membatasi sumber asam urat dalam diet. Makanan kaya purin meliputi beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna.

2. Hindari Gula


Kadar asam urat yang tinggi biasanya dikaitkan dengan diet kaya protein, asupan gula juga berperan. Fruktosa adalah gula alami yang ditemukan dalam buah dan madu. Saat tubuh memecah fruktosa, ia melepaskan purin dan meningkatkan kadar asam urat. Minuman manis, soda, dan jus buah seringkali mengandung gula yang tinggi.

3. Minum Air Putih


Minum banyak cairan membantu ginjal membuang asam urat lebih cepat. Bawalah botol air putih setiap saat. Setel alarm setiap jam untuk mengingatkan Anda agar minum beberapa teguk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)