6 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Atasi Pilek hingga Diabetes

Minggu, 20 Agustus 2023 - 15:51 WIB
loading...
6 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Atasi Pilek hingga Diabetes
Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, ternyata ada beragam manfaat dan khasiat batang serai untuk kesehatan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Serai dan sereh merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Tak hanya itu, batang serai juga sering digunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Tanaman ini biasa ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman obat di pekarangan rumah.

Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, ternyata ada beragam manfaat dan khasiat batang serai untuk kesehatan. Maka itu, banyak orang mengonsumsi batang tanaman tersebut dalam bentuk wedang serai atau sereh, maupun mengolahnya terlebih dulu untuk dijadikan minyak atsiri.

Manfaat Serai untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat batang serai buat kesehatan tubuh, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (20/8/2023).


1. Antikanker

Manfaat serai yang pertama adalah sebagai antikanker. Batang serai mengandung senyawa citral yang mampu membunuh sel yang rusak atau sel yang berkembang secara tidak normal. Uniknya, senyawa citral akan membiarkan sel sehat hidup tanpa mempengaruhi kinerjanya.

2. Mengatasi Diabetes

Minum teh yang terbuat dari batang serai secara rutin dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Oleh karena itu, mengonsumsi teh dari batang serai dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati Anemia

Anemia adalah penyakit yang ditandai dengan tubuh lemah, lesu, dan tampak pucat. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah, yang merupakan zat yang bertanggung jawab untuk sintesis hemoglobin.

Batang serai dikenal sebagai bahan alami yang ampuh untuk mengatasi anemia karena mengandung banyak zat besi. Karena itu, mengonsumsi wedang serai secara rutin lebih efektif mengatasi anemia dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimia.


4. Atasi Bakteri dan Jamur

Batang serai memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh jamur dan bakteri. Hampir semua jenis jamur bisa diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk batang ini dan menggunakannya sebagai obat oles.

5. Mengatasi Pilek dan Kembung

Teh yang terbuat dari campuran batang serai dan gula merah memiliki sifat menghangatkan. Karena itu, minum teh serai dapat mengobati masuk angin, perut kembung, dan gejala penyertanya.

Selain batangnya bisa diminum sebagai wedang, daun serai juga dapat diekstrak menjadi minyak atsiri yang juga mampu menghangatkan tubuh.

6. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Batang tanaman serai juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dalam batang serai mampu menetralkan racun.

Sedangkan antioksidan dan antiseptik di dalamnya akan membantu membersihkan hati serta ginjal. Efek jika Anda menggunakan batang tanaman ini sebagai media detoksifikasi adalah sering buang air kecil. Hal itu karena batang serai bersifat diuretik. Urine yang keluar merupakan urine yang bercampur dengan racun dari dalam tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)