Ini Efek Jomblo Terlalu Lama yang Tidak Boleh Disepelekan, Berisiko Tinggi Alami Stroke

Senin, 21 Agustus 2023 - 12:05 WIB
loading...
Ini Efek Jomblo Terlalu Lama yang Tidak Boleh Disepelekan, Berisiko Tinggi Alami Stroke
Efek jomblo terlalu lama untuk kesehatan tidak boleh disepelekan. Penelitian menunjukkan menjadi lajang memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Efek jomblo terlalu lama untuk kesehatan tidak boleh disepelekan. Penelitian menunjukkan bahwa menjadi lajang memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan stroke yang lebih besar daripada orang yang sudah menikah.

Dilansir dari Newsweek, Senin (21/8/2023) penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart ini juga menemukan bahwa jomblo berisiko tinggi mengalami kematian yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Mereka yang berada dalam hubungan yang berkomitmen bergantung pada dukungan pasangan mereka untuk meningkatkan hasil kesehatan. Sehingga status perkawinan dapat menjadi indikator kesehatan jantung.

Dalam analisis 34 studi dan lebih dari 2 juta peserta, tim peneliti internasional menemukan bahwa orang yang belum pernah menikah hampir satu setengah kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular.



Sementara pasangan yang sudah menikah lebih mampu beradaptasi dengan stres. Ini karena pasangan mereka memberikan dukungan emosional yang lebih besar dan sumber daya untuk mencegah atau mengatasi masalah kesehatan.

Selain itu, hidup dengan pasangan bisa menyelamatkan nyawa. Pasangan dapat melihat gejala lebih awal daripada seseorang yang hidup sendiri, yang dapat menyebabkan kunjungan dokter lebih awal dan deteksi penyakit.

Dalam rumah tangga berpenghasilan dua, keuangan yang sehat dapat berarti perawatan kesehatan yang lebih baik. Ini termasuk akses ke rehabilitasi pasca-penyakit.

Di sisi lain, ketika pernikahan berakhir, kesehatan jantung bisa menurun. Pria dan wanita yang bercerai memiliki risiko penyakit jantung koroner yang tinggi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)