4 Minuman Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh, Begini Cara Membuatnya

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 06:07 WIB
loading...
4 Minuman Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh, Begini Cara Membuatnya
Ada beberapa jenis minuman yang sehat yang bisa dikonsumsi dan dibuat sendiri dengan mudah. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Foto/ India.com.
A A A
JAKARTA - Gangguan kesehatan, seperti flu, batuk hingga gangguan pernapasan tengah berkembang belakangan ini. Salah satunya disebabkan kualitas udara yang buruk. Nah, salah satunya cara mencegahnya dengan mengonsumsi minuman sehat .

Ada beberapa jenis minuman yang sehat yang bisa dikonsumsi dan dibuat sendiri dengan mudah. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Berikut ulasannya.


Minuman Sehat

1. Jahe Murni

Jahe menjadi minuman sehat dan alami untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain hangat, jahe juga dikenal sebagai antiinflamasi.

Untuk membuat dari jahe murni, dikutip dari channel YouTube Maria Juliana Gultom, ini dia bahan-bahannya.

5 ruas jahe, 4 batang serai, 1500 mili liter air. Caranya; didihkan air. Sambil menunggu kupas kulit jahe, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air mengalir. Sisihkan

Setelah itu, kupas bagian kering batang serai, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu potong bagian ujung batangnya, dan lipat-lipat. Begitu juga dengan jahe, geprek supaya sarinya gampang keluar.

Ketika air mulai panas, masukan jahe dan serai. Aduk sebentar, tunggu sampai mendidih dan sari-sari jahe dan serai keluar. Kemudian matikan api, dan air jahe siap diminum.

2. Jamu Kunyit, Jahe, Serai

Selanjutnya adalah membuat jamu kunyit, jahe dan serai. Minuman ini juga tak kalah sehat, dan menyegarkan.

Dikutip dari channel YouTube Dapur Diizah, siapkan air 500 ml, satu ruas kunyit, satu ruas jahe, satu batang serai, satu buah jeruk nipis, dan dua sampai tiga sendok madu.

Caranya, potong-potong kecil serai, kunyit dan jahe tanpa perlu dikupas kulitnya. Tapi sebelumnya telah dicuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu geprek sebentar, aga sari ekstraknya keluar.

Setelah itu masukkan ke dalam panci, dan masukan juga air. Panaskan dengan api sedang, tunggu sampai mendidih dan sari-sari jahe, serai dan kunyitnya keluar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)