7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Bisa Berbahaya bagi Tubuh

Senin, 28 Agustus 2023 - 11:48 WIB
loading...
7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Bisa Berbahaya bagi Tubuh
Beberapa makanan tidak boleh dipanaskan kembali karena bisa berbahaya bagi tubuh. Salah satunya ayam dan kentang. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali ketika sudah diolah atau matang. Salah satunya adalah makanan pokok sebagian besar dikonsumsi masyarakat Tanah Air.

Terkait alasannya, terdapat beberapa faktor yang membuat jenis makanan tersebut tidak disarankan untuk dipanaskan kembali. Tak hanya karena aspek rasa yang menurun hingga kandungan gizi yang hilang, makanan yang dipanaskan kembali juga bisa memunculkan dampak berbahaya bagi tubuh .

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kondisi dan jenis makanannya ketika hendak memanaskannya. Berikut tujuh makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

1. Telur


Telur menjadi bahan makanan sejuta umat. Cukup banyak olahan yang bisa dibuat dari telur untuk dijadikan makanan lezat.

Kandungan telur menjadi sumber protein. Namun, perlu diketahui bahwa tidak baik untuk memanaskan kembali telur yang sudah diolah matang atau sekadar direbus.



Mengutip NDTV, telur yang sudah matang akan lebih baik jika segera dimakan. Namun, jika Anda memilih untuk menyimpan sisanya, jangan panaskan kembali telur ketika hendak dihabiskan nantinya.

Dalam hal ini, Anda lebih baik menghabiskannya dalam keadaan dingin. Alasannya sendiri karena makanan berprotein tinggi biasanya banyak mengandung nitrogen. Nitrogen ini mungkin teroksidasi jika terjadi pemanasan ulang seperti pada proses memanaskan kembali makanan, sehingga selanjutnya bisa berbahaya bagi tubuh.

2. Nasi


Nasi adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terlepas dari kemudahan dalam mengolahnya, ternyata makanan ini sebaiknya tidak dipanaskan kembali.

Mengutip laman India Times, terdapat temuan terkait yang diterbitkan International Journal of Food Microbiology. Ketika memanaskan nasi, bakteri resisten yang disebut Bacillus Cereus akan mati oleh panas tinggi dan menghasilkan spora (berupa sel) yang mengandung racun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)