10 Gejala Kolesterol Tinggi pada Pria, Tidak Melulu Pegal di Pundak

Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:10 WIB
loading...
10 Gejala Kolesterol...
Gejala kolesterol tinggi pada pria kerap tidak disadari. Kondisi yang dikenal hiperkolesterolemia ini membuat pria berisiko terkena serangan jantung. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi pada pria kerap tidak disadari. Padahal, kondisi yang dikenal hiperkolesterolemia ini membuat pria berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Bagi banyak pria, risiko kolesterol tinggi dimulai pada usia 20-an dan meningkat seiring bertambahnya usia. Dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (30/8/2023) kolesterol tinggi cenderung diturunkan dalam keluarga, sehingga gen berperan.

Sementara itu, banyak orang tidak menyadari terkena kolesterol karena penyakit ini tidak memiliki gejala yang khas. Namun, gejala kolesterol akan muncul saat kondisi pasien sudah parah.

Gejala Kolesterol Tinggi pada Pria



Berikut gejala kolesterol tinggi pada pria seperti dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).



10 Gejala Kolesterol Tinggi pada Pria, Tidak Melulu Pegal di Pundak

Foto/Infografis SINDOnews

1. Xanthoma


Xanthoma ditandai dengan penumpukan lemak sehingga membentuk benjola kecil. Kelain kulit ini paling sering muncul di persendian seperti lutut dan siku.

2. Disfungsi Ereksi


Disfungsi ereksi yang dialami pria bisa disebabkan karena kolesterol tinggi. Ini karena plak yang menumpuk sehingga aliran darah yang menuju ke penis tersumbat.

3. Nyeri di Dada


Kolesterol tinggi bisa menyebabkan komplikasi berupa nyeri di dada. Kondisi ini disebabkan plak di dinding arteri yang menyebabkan jantung tidak mendapatkan pasokan darah.

4. Kram


Kram di beberapa bagian tubuh bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Kram biasanya terjadi saat malam hari atau ketika bangun tidur pada tumit, telapak kaki.

5. Perlemakan Hati


Saat hati dipenuhi lemak, tubuh akan terasa tidak nyaman, begah hingga mual. Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit sirosis hingga kanker hati.



6. Xanthelasma


Ini merupakan kondisi di mana kolesterol tinggi berada di bawah jaringan kulit dengan tanda noda kuning di ujung kelopak mata. Xanthelasma juga bisa menyebabkan muncul bentolan kecil padat di tumit, siku atau lutut.

7. Nyeri di Kaki


Kolesterol tinggi bisa menyebabkan gejala nyeri di kaki karena aliran darah ke kaki tersumbat.

8. Pengal di Pundak


Pegal di pundak menjadi salah satu gejala klasik gejala kolesterol tinggi. Kondisi ini disebabkan kurangnya suplai oksigen serta darah ke pundak.

9. Kesemutan


Merasa kesemutan di tangan, kaki dan bagian tubuh tertentu bisa disebabkan karena kolesterol tinggi. Ini karena plak menyebabkan darah tidak lancar sehingga syaraf tidak mendapatkan pasokan darah yang optimal.

10. Mengantuk


Jika Anda sering mengalami mengantuk dan nguap, bisa jadi itu merupakan gejala kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan kolesterol tinggi yang menumpuk sehingga oksigen menuju otak tidak maksimal.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)