Perawatan Wajah yang Cocok untuk Remaja

Selasa, 21 Maret 2017 - 14:19 WIB
Perawatan Wajah yang Cocok untuk Remaja
Perawatan Wajah yang Cocok untuk Remaja
A A A
JAKARTA - Perubahan hormon tubuh pada remaja menyebabkan peningkatan produksi minyak yang dapat memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat, komedo hitam, komedo putih, hingga wajah kusam dan berminyak. Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, tak ada salahnya memperhatikan kesehatan kulit dengan melakukan perawatan.

Berikut tips merawat kulit wajah untuk remaja seperti dikutip dari Sociolla.

1. Membersihkan wajah
Biasakan untuk membersihkan wajah di pagi hari. Meski wajah sudah dibersihkan sebelum tidur, kulit masih memproduksi keringat dan minyak sepanjang malam. Hindari menggunakan sabun mandi untuk kulit wajah, selain kandungannya terlalu keras untuk kulit wajah, juga memicu timbulnya iritasi kulit.

Membersihkan kulit setelah seharian beraktivitas juga merupakan hal yang harus dilakukan, karena menggunakan air saja ternyata tidak cukup membersihkan kotoran yang menempel. Jika tidak dibersihkan dengan benar, kotoran wajah menjadi menumpuk dan mengakibatkan munculnya masalah kulit.

2. Memberi hidrasi pada kulit
Setelah membersihkan wajah di pagi hari, gunakan pelembap sebagai tahap merawat wajah bagi remaja. Untuk sehari-hari, gunakan skincare dengan tekstur ringan seperti emulsion agar wajah terasa lengket. Jika siang hari wajah mulai berminyak, gunakan bantuan tisu atau blotting paper untuk menyerap minyak yang berlebih pada wajah.

3. Menggunakan sunscreen
Ada lagi yang tak kalah penting, gunakan sunscreen agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan. Pilih sunscreen yang mengandung SPF dan PA agar kulit terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

4. Perawatan malam
Kulit wajah yang sudah bersih dan terbebas dari kotoran di malam hari perlu dijaga dengan pelembap wajah. Anda bisa menggunakan pelembap wajah yang sama, atau krim yang dirancang khusus untuk malam hari. Saat malam hari, kulit akan meregenerasi sel baru, agar mendapatkan kulit yang lebih baik.

5. Perawatan mingguan
Remaja juga dapat melakukan perawatan selingan seperti melakukan masker wajah. Dari beberapa jenis masker, Anda bisa memilih masker dalam bentuk lembaran yang mudah digunakan seminggu dua kali.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5656 seconds (0.1#10.140)