Benarkah Minum Kopi Bikin Tubuh Mudah Lelah? Begini Penjelasan Ahli

Jum'at, 01 September 2023 - 07:04 WIB
loading...
Benarkah Minum Kopi Bikin Tubuh Mudah Lelah? Begini Penjelasan Ahli
Benarkah minum kopi bikin tubuh mudah lelah? Seorang profesor di Departemen Psikiatri University of Washington, Mark Stein menjalaskan masalah ini. Foto/ pexels.
A A A
JAKARTA – Benarkah minum kopi bikin tubuh mudah lelah? Seorang profesor di Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku di University of Washington, Mark Stein mengatakan bahwa cara kerja kafein bisa membuat seseorang yang mengonsumsinya semakin berenergi.

Namun, dilansir dari laman The Indian Express pada Jumat (1/9/2023), menurut penelitian, jika kopi dikonsumsi dalam jangka pendek atau waktu yang berdekatan, maka akan membuat tekanan yang lebih. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa lelah.



Saat tubuh merasa mengantuk, tapi Anda memaksakan untuk tetap bugar dengan meminum kopi, maka itu akan membuat Anda merasa kelelahan.

"Tetapi efek kumulatif atau dampak jangka panjangnya, meminum kopi memiliki efek sebaliknya," kata Strein.

Pada akhirnya, konsumsi kafein yang terus menerus atau meningkat berdampak negatif pada tidur, yang juga akan membuat Anda merasa lebih lelah.

"Jika Anda kurang tidur dan stres dan Anda mengandalkan kafein untuk memperbaikinya, itu hanya badai yang sempurna untuk solusi jangka pendek yang akan membuat segalanya jauh lebih buruk dalam jangka panjang," tutur dia.



Oleh karena itu, istirahat dengan cukup, jangan pernah memaksakan untuk tetap bugar dan segar saat tubuh butuh tidur.

Selain itu, kata Stein, minum lah kopi sesuai porsi dan jangan mengonsumsinya dalam jangka berdekatan karena akan memperburuk kesehatan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)