Ini Alasan Ayah Juga Harus Mandikan Bayi

Kamis, 30 Maret 2017 - 08:20 WIB
Ini Alasan Ayah Juga Harus Mandikan Bayi
Ini Alasan Ayah Juga Harus Mandikan Bayi
A A A
JAKARTA - Praktisi Neurosains Terapan, dr Anne Gracia mengungkapkan, ayah juga harus memandikan bayi. Hal ini dipercaya dapat membuat bayi merasakan perbedaan perlakuan yang diterima dari ayah dan sang ibu.

"Mandi menjadi transisi penting karena anak mengalami sensasi berayun di air," papar Anne.

Lebih lanjut Anne menjelaskan, bayi dapat merasakan perbedaan perlakuan antara ayah dan ibu. Oleh karena itu, bergantian memandikan si kecil juga bermanfaat untuk melatih keseimbangannya.

"Anak akan lebih tertantang dan mengakibatkan kecerdasan keseimbangan lebih baik. Keseimbangan yang lebih baik dapat berpengaruh ketika anak mulai belajar berjalan, ia tidak mudah jatuh," jelasnya.

Hadirnya seorang ayah secara aktif untuk merawat anak sejak masa kelahiran dinilai bisa mendukung dan memaksimalkan potensi kecerdasan anak di periode emas perkembangannya, khususnya pada 0-6 bulan pertama. Selain itu, bayi yang kerap mendapatkan perawatan dari sang ayah juga terbukti memiliki perkembangan motorik yang lebih baik.

"Peran aktif seorang ayah dibutuhkan untuk menstimulasi 5 dari 7 sistem sensorik pada bayi, yakni taktil (perabaan), vestibular (keseimbangan), proprioseptif (gerak antar sendi), dan auditori (pendengaran) serta olfaktori (penciuman). Frekuensi suara ayah yang lebih rendah dari ibu, hal ini akan mestimulasi sistem auditori (pendengaran) bayi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4267 seconds (0.1#10.140)