Olahraga Sore atau Malam Membantu Mengontrol Gula Darah, Lebih Baik dari Pagi Hari

Jum'at, 08 September 2023 - 15:33 WIB
loading...
Olahraga Sore atau Malam...
Sebuah studi baru menemukan bahwa berolahraga pada sore dan malam hari dapat membantu mengontrol gula darah dan aktivitas ini lebih baik dari pagi hari. Foto/ cbc.
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru menemukan bahwa berolahraga pada sore dan malam hari dapat membantu mengontrol gula darah .

Para peneliti menemukan bahwa waktu yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat mengurangi kandungan lemak hati dan resistensi insulin.



Tim peneliti tidak menemukan perbedaan signifikan dalam resistensi insulin pada orang yang lebih aktif secara fisik di pagi hari atau sepanjang hari.

Penelitian baru menemukan bahwa berolahraga di sore atau malam hari dapat lebih membantu mengontrol gula darah dibandingkan aktivitas fisik lain yang dilakukan sepanjang hari.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia ini menyimpulkan bahwa berolahraga antara siang hingga tengah malam dapat menurunkan resistensi insulin secara signifikan dibandingkan aktivitas pada pagi hari.

Olahraga Sore atau Malam Membantu Mengontrol Gula Darah, Lebih Baik dari Pagi Hari

“Tujuan kami adalah untuk menyelidiki hubungan waktu aktivitas fisik dan waktu istirahat dengan kandungan lemak hati dan resistensi insulin pada populasi paruh baya,” penulis utama studi, Jeroen van der Velde, PhD, Department Clinical Epidemiology di Leiden University Medical Pusat, dikutip Healthline pada Jumat (8/9/2023).

Tim menganalisis data dari studi Epidemiologi Obesitas Belanda (NEO), yang mencakup pria dan wanita berusia 45 dan 65 tahun yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) 27 atau lebih, yang berarti mereka kelebihan berat badan atau obesitas.

Seluruh peserta menjalani pemeriksaan fisik, di mana sampel darah diambil untuk mengukur kadar gula darah dan insulin saat berpuasa dan setelah makan.

Mereka juga ditanya tentang gaya hidup dan beberapa dipilih untuk diukur kandungan lemak hatinya dengan pemindaian MRI.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)