5 Khasiat Ikan Sarden, Salah Satunya Mengendalikan Obesitas

Sabtu, 16 September 2023 - 07:00 WIB
loading...
5 Khasiat Ikan Sarden, Salah Satunya Mengendalikan Obesitas
Ikan sarden disebut kecil-kecil cabai rawit. Kendati ukurannya kecil tetapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Foto/pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Ikan sarden disebut kecil-kecil cabai rawit. Kendati ukurannya kecil tetapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Mengutip Pinkvilla, Sabtu (16/9/2023), sarden merupakan ikan berminyak dan berlemak populer yang mengandung asam lemak omega-3, seng, vitamin, dan banyak nutrisi kardioprotektif lainnya. Namun, untuk mendapatkan nutrisi terbaik sarden, disarankan untuk mengonsumsi ikan sarden segar dibanding kemasan.


Khasiat Ikan Sarden

1. Kaya zat besi

Sarden mengandung sejumlah besar zat besi yang lebih tinggi dari kandungan zat besi di sebagian besar ikan dan daging lainnya. Selain itu, zat besi dalam sarden dianggap cukup bermanfaat untuk mengelola penyakit jantung koroner, gagal jantung, hipertensi pulmonal serta penyakit kronis lainnya.

2. Kaya Kalsium

Kandungan kalsium dalam 100 gram sarden sama dengan kalsium yang ditemukan dalam 400 ml susu. Dengan demikian, mengonsumsi 2-3 porsi sarden per minggu mungkin menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang toleran laktosa atau mencari alternatif pengganti susu.

Kandungan kalsium dari sarden yang akan masuk ke dalam tubuh akan disimpan di jaringan tulang. Sehingga tulang menjadi lebih kuat.

5 Khasiat Ikan Sarden, Salah Satunya Mengendalikan Obesitas

3. Kandungan protein yang tinggi

Sarden adalah sumber protein yang baik dan mengandung protein yang mudah dicerna yang mengandung semua asam amino. Karena kekayaan proteinnya, sarden baik untuk kesejahteraan fisik dan mental termasuk pengurangan penyakit jantung koroner dan stroke.


4. Anti-inflamasi

Sarden mengandung lemak omega-3 yang tinggi dan memiliki sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang meningkatkan fluiditas membran, meningkatkan jumlah reseptor insulin, dan aksi insulin. Faktanya, sarden dianggap sebagai salah satu makanan inflamasi terbaik.

5. Pengendali obesitas

Sarden berkontribusi pada penurunan berat badan dan pengurangan lipid. Sarden juga meminimalkan komplikasi yang terkait dengan obesitas. Dengan demikian, sarden dapat menjadi pilihan diet yang sehat dan tepat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2505 seconds (0.1#10.140)