5 Penyakit Komplikasi jika Kolesterol Tinggi Tidak Segera Ditangani, Waspada sebelum Terlambat

Senin, 18 September 2023 - 11:08 WIB
loading...
A A A
Penumpukan plak kolesterol bisa membuat arteri menjadi keras dan menyempit. Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini yang bisa membuat tekanan darah menjadi terlalu tinggi.

3. Carotid Artery Disease


Penyakit komplikasi berikutnya yang bisa muncul akibat kolesterol tinggi adalah Carotid Artery Disease. Sekadar informasi, arteri korotis memiliki tugas membawa aliran darah ke bagian depan otak

Ketika plak kolesterol muncul dan menumpuk, kondisi ini akan mempersempit arteri karotis. Akibatnya, otak Anda tidak bisa mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen.

Lebih jauh, Carotid Artery Disease juga bisa menyebabkan gangguan lain yang tak kalah berbahaya. Salah satunya adalah stroke.

4. Peripheral Artery Disease (PAD)


Peripheral Artery Disease (PAD) atau penyakit arteri perifer cukup berbahaya mengingat gejalanya yang sulit ditemukan. Tandanya bisa baru muncul ketika merasakan arteri perifer tersumbat setidaknya sampai 60%.



PAD dapat menjadi masalah besar pada bagian tungkai dan kaki. Penyebabnya karena penumpukan plak kolesterol yang memperlambat aliran darah.

5. Stroke


Berikutnya ada stroke. Mirip seperti serangan jantung, kondisi ini bisa terjadi akibat terganggunya aliran darah ke bagian otak.

Tak berbeda jauh, terganggunya aliran darah disebabkan penumpukan plak yang diakibatkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Itulah sejumlah penyakit komplikasi yang bisa muncul jika kolesterol tinggi tak segera diobati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)