Kolesterol Jahat Tidak Turun meski Diet dan Berolahraga? Begini Cara Menjaga LDL Tetap Normal

Kamis, 21 September 2023 - 13:30 WIB
loading...
Kolesterol Jahat Tidak Turun meski Diet dan Berolahraga? Begini Cara Menjaga LDL Tetap Normal
Kadar Kolesterol Jahat memiliki banyak subtipe dan kebanyakan orang memiliki tipe padat kecil yang merusak pembuluh darah di jantung. Foto/ everydayhealth.
A A A
JAKARTA – Kadar Kolesterol Jahat atau LDL memiliki banyak subtipe dan kebanyakan orang memiliki tipe padat kecil yang merusak pembuluh darah di jantung.

Sementara, Dr Nishith Chandra, Direktur Utama Kardiologi Intervensi Fortis Escorts Heart Institute, Delhi mengatakan, beberapa pasien sering melaporkan tidak ada perubahan signifikan pada kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), meski telah memperbaiki pola makan, gaya hidup dan melakukan olahraga.

“Namun yang tidak mereka ketahui adalah meskipun pola makan yang bersih dan aktivitas fisik yang berdedikasi dapat menurunkan kolesterol, dalam beberapa kasus, modifikasi gaya hidup saja tidak cukup tanpa pengobatan. Hal ini karena sebagian besar orang sadar akan jumlah LDL, tetapi tidak memahami sifat alaminya,” kata Nishith Chandra dikutip indian express pada Kamis (21/9/2023).



Dijelaskannya, meski intervensi pola makan dapat mengendalikan LDL , peningkatan kadar LDL memerlukan intervensi tambahan dengan obat-obatan.

LDL memiliki banyak subkategori, besar, sedang dan kecil. Namun, tidak hanya partikel kecil, juga padat, yang dapat dengan mudah menembus membran sel dan bersirkulasi dalam darah. Artinya, meski jumlah LDL biasanya lebih rendah dibandingkan orang Kaukasia, proporsi LDL kepadatan kecil lebih tinggi.

“Ini lebih beracun bagi dinding pembuluh darah. Itu sebabnya, mengingat sifatnya yang lengket dan keras kepala, mereka perlu dikendalikan secara agresif dengan obat-obatan dan koreksi gaya hidup,” tuturnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki banyak LDL kecil memiliki risiko penyakit jantung 300 persen dibandingkan orang dengan LDL besar. Hal ini menjelaskan mengapa sekitar 50 persen orang yang menderita serangan jantung memiliki kadar kolesterol darah total yang normal.

Kolesterol Jahat Tidak Turun meski Diet dan Berolahraga? Begini Cara Menjaga LDL Tetap Normal

Tingkat LDL Aman

Biasanya, nilai mendekati optimal yang diterima dianggap 100 hingga 129 mg/dL sedangkan 130 hingga 159 mg/dL dianggap sebagai batas tinggi.

Namun, khusus untuk mereka yang belum pernah mengalami penyakit jantung, kisarannya harus kurang dari 100 mg/dL.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)