Waduh Instagram Picu Masalah Kesehatan Jiwa Para Remaja

Senin, 22 Mei 2017 - 19:06 WIB
Waduh Instagram Picu Masalah Kesehatan Jiwa Para Remaja
Waduh Instagram Picu Masalah Kesehatan Jiwa Para Remaja
A A A
JAKARTA - Sebuah survei yang dilakukan oleh The Royal Society for Public Health dengan tajuk Status of Mind menunjukan bahwa Instagram merupakan media sosial yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan jiwa, khususnya bagi para remaja.

Dilansir dari Telegraph, survei ini fokus pada efek media sosial terhadap citra diri remaja. Di mana ditemukan, media sosial berbagi foto dan video ini memberikan pengaruh besar pada citra remaja terkait bentuk tubuhnya, waktu tidur, hingga memicu kecemasan sosial atau disebut sebagai fear of missing out (FOMO).

Dibalik dampak buruk tersebut, Instagram juga memiliki nilai positif, yaitu bisa membantu para remaja mengekspresikan diri serta menemukan identitas dirinya. Survei ini melibatkan 1.479 responden remaja berusia 14 hingga 24 tahun. Mereka diminta untuk menilai media sosial yang mereka gunakan dan efeknya terhadap kecemasan, kesepian dan pembentukan komunitas.

Dibandingkan Instagram, survei ini menunjukkan bahwa media sosial lainnya yaitu YouTube, Twitter, Facebook dan Snapchat mendapatkan nilai yang lebih positif. Organisasi kesehatan ini pun menyarankan setiap media sosial membuat pop up peringatan berupa penggunaan efek media sosial jika digunakan berlebihan.

“Platform media sosial itu mestinya membantu remaja saling terhubung satu sama lain, tapi juga berpotensi memicu terjadi gangguan atau krisis kejiwaan,” tulis laporan yang dibuat oleh The Royal Society for Public Health.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9153 seconds (0.1#10.140)