Jarang Diketahui, Ini 5 Tanaman Herbal Khas Rusia yang Banyak Khasiat

Jum'at, 22 September 2023 - 10:23 WIB
loading...
Jarang Diketahui, Ini 5 Tanaman Herbal Khas Rusia yang Banyak Khasiat
Ada beragam tanaman herbal khas Rusia yang memiliki banyak khasiat. Foto/Russia Beyond
A A A
JAKARTA - Ada beragam tanaman herbal khas Rusia yang memiliki banyak khasiat. Sebagian besar di antaranya tentu terdengar asing karena jarang ditemui di Indonesia.

Rusia memiliki wilayah yang terbentang luas. Kondisi ini juga membuat Rusia kaya akan keanekaragaman flora.

Melihat sekian banyak spesies tumbuhan di Rusia, beberapa di antaranya biasa digunakan dalam pengobatan tradisional maupun produksi farmasi. Penasaran?

Berikut beberapa contoh tanaman herbal Rusia yang bisa disimak.

Tanaman Herbal Khas Rusia yang Banyak Khasiat


1. Smorodina Leaves

Jarang Diketahui, Ini 5 Tanaman Herbal Khas Rusia yang Banyak Khasiat

Foto/Russia Beyond

Penamaan Smorodina berasal dari bahasa Rusia, tepatnya kata “slavic” yang berarti “mengeluarkan bau kuat”. Mengutip Russia Beyond, Kamis (21/9/2023), daun Smorodina memang memiliki aroma yang kental dan kuat.



Manfaat Smorodina telah diketahui sejak abad ke-11. Dalam sebuah catatan yang ditemukan di Kiev dan Novgorod, buah ini bisa digunakan untuk menjadi selai. Sementara daunnya bisa dipakai sebagai salep, hingga olahan minuman seperti teh herbal.

Salah satu resep tradisional populer dari Smorodina adalah teh herbal. Minuman ini dipercaya mampu mengobati keluhan seperti batuk.

2. Siberian Ginseng


Siberian Ginseng merupakan nama populer dari tanaman obat asal Rusia, yakni Eleutherococcus. Mengutip Secrets of the Tribe, tumbuhan ini termasuk adaptogenik.

Khasiat Siberian Ginseng dipercaya dapat menunjang fungsi tubuh ketika menghadapi stres. Manfaat ini membuatnya banyak digunakan para pelajar dan atlet.



Selain itu, akar Siberian Ginseng juga banyak digunakan secara tradisional. Konon, akarnya ini bermanfaat merangsang sistem kekebalan tubuh dan melawan rasa lelah.

3. Brusnika Leaves

Jarang Diketahui, Ini 5 Tanaman Herbal Khas Rusia yang Banyak Khasiat

Foto/Russia Beyond

Brusnika telah dianggap menjadi salah satu ratu hutan Rusia. Ahli herbal menyebutnya sebagai ‘health berry’.

Bentuk Brusnika memiliki semak yang selalu hijau dan daunnya seperti beri. Biasa disebut juga lingonberry, daunnya mengandung sejumlah besar vitamin C, vitamin B, zat besi, fosfor, hingga kalsium.

Tanaman dipercaya berkhasiat sebagai antivirus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Rhodiola Rosea


Awalnya, tanaman obat ini digunakan bangsa Viking untuk meningkatkan kekuatan dan keberaniannya. Pada perkembangannya, Rhodiola Rosea ditemukan Rusia selama periode Perang Dingin.

Melihat karakteristiknya, saat ini Rhodiola Rosea diperkirakan hanya tumbuh di wilayah dengan iklim ekstrem seperti Siberia. Terkait khasiatnya, tumbuhan ini memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan kemunculan penyakit degeneratif.

Kemudian, Rhodiola Rosea juga dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi serta menghadapi stres dan kelelahan. Tak jarang juga, tanaman ini digunakan untuk mengatasi kekurangan oksigen di wilayah tinggi seperti pegunungan.

5. Zveroboy


Zveroboy memiliki ciri warna cerah dengan bentuk daun yang kering. Tumbuhan ini banyak digunakan orang Rusia untuk membantu memulihkan tenaga setelah seharian bekerja.

Tak hanya itu, khasiat Zveroboy juga dipercaya mengobati penyakit pencernaan hingga kejang pembuluh darah. Melihat riwayat historisnya, tanaman ini pertama kali disebutkan pada abad ke-17 dalam dekrit Tsar Mikhail Fyodorovich Romanov.

Itulah sejumlah tanaman herbal khas Rusia yang memiliki banyak khasiat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2641 seconds (0.1#10.140)