5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Buah, Bisa Picu Diare hingga Asam Urat

Jum'at, 22 September 2023 - 12:36 WIB
loading...
5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Buah, Bisa Picu Diare hingga Asam Urat
Terlalu banyak makan buah bisa menyebabkan efek samping pada kesehatan. Buah-buahan dikenal kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan esensial. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Terlalu banyak makan buah bisa menyebabkan efek samping pada kesehatan yang harus diwaspadai. Buah-buahan dikenal kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan esensial, sehingga menjadikannya makanan penting dalam diet seimbang.

Meskipun menawarkan banyak manfaat kesehatan, konsumsi buah-buahan tertentu secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Mulai dari berat badan naik karena gula alami hingga masalah pencernaan hingga resistensi insulin sehingga meningkatkan risiko diabetes.

“Defisiensi nutrisi juga dapat terjadi jika buah menggantikan makanan kaya nutrisi lainnya. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi buah dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan asam urat. Toleransi buah pada setiap individu berbeda-beda, tetapi pedoman umumnya adalah dua hingga lima porsi setiap hari,” kata Ahli Diet Shruti Naidu.

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Buah



Berikut efek samping terlalu banyak makan buah dilansir dari Times of India, Jumat (22/9/2023).



1. Berat Badan Naik


Meskipun buah-buahan rendah kalori dibandingkan makanan lainnya, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan surplus kalori, sehingga berpotensi menyebabkan penambahan berat badan jika tidak diimbangi dengan kelompok makanan lain.

2. Gula Darah Tinggi


Beberapa buah-buahan, terutama yang memiliki kandungan gula tinggi, dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara cepat. Hal ini menjadi perhatian bagi individu dengan diabetes atau resistensi insulin.

3. Masalah Gigi


Gula dan asam alami dalam buah-buahan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan erosi enamel jika dikonsumsi berlebihan dan tidak diikuti dengan kebersihan mulut yang baik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)