Tiga Masjid Terindah di Turki

Rabu, 31 Mei 2017 - 20:19 WIB
Tiga Masjid Terindah di Turki
Tiga Masjid Terindah di Turki
A A A
TURKI - Turki merupakan negara yang banyak meninggalkan sejarah islam. Serta beberapa kekuasaan kerajaan Islam yang membuat negara ini memiliki masjid yang indah dan besar pada masa kerajaan Islam.

Mengutip Turkeytravel, berikut Tiga Masjid Terindah di Turki :

Tiga Masjid Terindah di Turki


1. Masjid Hagia Shopia
Masjid Hagia Shopia merupakan masji yang didirikan pada masa Emperium Romawi Byzantium. Masjid ini memiliki bangunan yang unik ini dengan memiliki Menara, di tangan sultan al-Fatih. Sehingga menara tersebut menjadi ciri khas sebagai masjid.

Tiga Masjid Terindah di Turki


2 Masjid Sulaiman (Suleymaniye Mosque)
Masjid Sulaiman didirikan pada tahun 1550 sampai tahun 1558, oleh arsitek Mimar Sinan. masjid yang terletak di bukit ketiga Istanbul ini memiliki arsitektur yang luar biasa. Apalagi, masjid ini dibangun atas perintah dari Sultan Sulaiman. Masjid memiliki ruangan yang luas dikarenakan memiliki ukuran panjang 59 m dan lebar 58 m. Serta dibangun dengan bahan berkualitas tinggi. Dengan memiliki kolam marmer, granit dan porfiri, serta berubinkan Iznik yang ditata teratur, mihrab yang terbuat dari marmer putih, mimbar yang didesain sederhana berbahan kayu, dan gading. Serta terdapat mutiara, menjadikan masjid tersebut indah dan megah.

Tiga Masjid Terindah di Turki


3. Masjid Biru
Masjid Biru didirikan pada tahun 1609 dan selesai tahun 1612. Masjid ini pn didesain oleh Sedefkar Mehmed Aga (murid dari Mimar Sinan. Arsitektur ini pun mencaampurkan budaya turki dengan barat. Masjid ini dibangun untuk menandingi bangunan Hagia Shopia hasil karya kaisar Bizantium. Masjid Biru ini terletak masih dalam satu blok dengan Hagia Shopia. Dari masjid ini bisa terlihat pemandangan pantai Marmara yang begitu indah apalagi pada saat senja tiba.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8839 seconds (0.1#10.140)