Mengenal Batik yang Banyak Diburu Gen Z, dari Desain hingga Motif

Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:36 WIB
loading...
A A A
"Superman itu kan dikenal mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadinya, sama seperti makna dari motif parang. Lalu dipadukan dengan motif truntum yang memiliki arti cinta tulus. Menurut saya kenapa tidak, selama si pemakai menemukan spirit dari pilihan motifnya itu," ucap dia lagi.

Pemilihan warna batik

Selain motif, generasi muda atau Gen Z juga sangat memperhatikan pilihan warna batik yang akan mereka kenakan. Menurut Co-Founder Batik Concept, Christian Saputra, warna-warna cerah seperti biru muda, hijau tosca, hingga lilac paling banyak diburu oleh Gen Z.

"Anak-anak muda lebih menyukai warna-warna vivid, cerah, cheerful. Sangat kontras dengan batik klasik yang warnanya cenderung lebih kelam," ujar founder brand batik tulis asal Jakarta itu.

Christian dan timnya juga bereksperimen bermain warna-warna tak terduga, seperti mengombinasikan warna netral lalu diberi aksen cerah yang mencolok.

Padu padan ini sangat pas bagi mereka yang ingin tampil klasik, tapi tetap dengan sentuhan modern yang elegan dan dinamis.


Desain batik modern

Batik yang digemari generasi muda atau Gen Z umumnya memiliki potongan yang modern. Biasanya didominasi dengan garis-garis yang bersih, siluet yang ramping, serta bentuk-bentuk geometris yang menarik.

Tak hanya itu, mereka juga menyukai penambahan detail dan aksen-aksen khusus untuk menonjolkan nuansa kontemporer.

"Contohnya dulu masih jarang yang mengombinasikan kain tenun dengan sentuhan aksen batik (tumpal). Sekarang, kombinasi ini menjadi salah satu produk terlaris di kalangan anak muda karena terlihat sangat elegan, modern, dan juga classy," tutur Christian Saputra.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2822 seconds (0.1#10.140)