5 Obat Sakit Tenggorokan Ini Bisa Dibuat di Rumah, Paling Gampang Berkumur Air Garam

Senin, 02 Oktober 2023 - 08:20 WIB
loading...
5 Obat Sakit Tenggorokan Ini Bisa Dibuat di Rumah, Paling Gampang Berkumur Air Garam
Obat sakit tenggorokan bisa dibuat di rumah. Paling mudah berkumur dengan air garam. Foto/ clevelandclinic.
A A A
JAKARTA – Obat sakit tenggorokan bisa dibuat di rumah. Meski sakit tenggorokan dianggap sepele, tetapi tetapi tidak bisa diabaikan. Salah satunya mengganggu saat menelan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sakit tenggorokkan yang dapat dicoba di rumah, dikutip dari Cleveland Clinic dan Healthline pada Minggu (1/10/2023).


Obat Sakit Tenggorokan

1. Berkumur Air Garam

Larutkan 1/2 sendok teh garam atau soda kue dalam jumlah yang sama ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan ramuan tersebut setiap tiga jam.

Air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada tenggorokan Anda. Soda kue juga menenangkan tenggorokan, memecah lendir dan dapat membantu mengatasi refluks asam yang mengiritasi tenggorokan.

2. Mandi Air Panas

Mandi air panas ketika cuaca panas bukanlah suatau masalah. Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah menghirup uap panas untuk melegakan tenggorokkan.

Uap ini membantu mengencerkan lendir dan dapat melembabkan serta meredakan sakit tenggorokan.

3. Minum atau Makanan Hangat

Minumlah minuman hangat, seperti teh atau mungkin makanan seperti sup ayam. Bahkan cairan dingin, seperti air es juga bisa membantu menenangkan tenggorokkan. Hal itu tergantung pada preferensi Anda dan apa yang paling menenangkan di tenggorokan.

Suhu hangat diketahui dapat mengurangi batuk dengan menenangkan bagian belakang tenggorokan Anda.

4. Teh kamomil

Teh kamomil memiliki efek menenangkan secara alami dan telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk mengobati sakit tenggorokan . Teh ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen.

Menurut tinjauan penelitian 2023, bubuk kamomil dapat membantu meredakan peradangan pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Selai itu, teh kamomil juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh Anda mengobati infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.


5. Istirahat

Beristirahatlah dengan mendapatkan tidur yang cukup dan tidur lebih awal, dan lakukannlah secara berulang hingga menjadi kebiasaan.

Selain itu posisi tidur juga sangat penting untuk diperhatikan, di mana dokter menganjurkan untuk tidur atau duduk di kursi untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2574 seconds (0.1#10.140)