Cegah Masalah Kesehatan Serius, Merck dan RSCM Gelar Skrining Tiroid Gratis

Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Pada 2023 terapi penanganan hipotiroid dapat meningkat menjadi 11% dari sebelumnya 1,9% pada 2022 dan hipertiroid menjadi 15% dari sebelumnya 6,2% pada tahun 2022.

"Dalam 3 bulan pertama pelaksanaannya yang dimulai sejak Mei 2023, program RAISE tiroid telah melatih lebih dari 2.600 praktisi kesehatan," imbuhnya.

Program ini, tambah Hong Chow, telah menyediakan pemeriksaan gangguan tiroid untuk lebih dari 19.200 pasien di 59 kota, 12 provinsi, menggunakan indeks Wayne untuk hipertiroid dan indeks Billewicz untuk hipotiroid.

Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Ir. Renan Sukmawan menyambut positif kolaborasi dengan Merck dalam menyelenggarakan skrining tiroid gratis.

“Skrining gratis yang kami lakukan bersama Merck ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui seseorang memiliki risiko gangguan tiroid," tandasnya.

Hal tersebut, kata Renan Sukmawan, penting dilakukan, karena jika memiliki risiko gangguan tiroid, maka harus segera mendapatkan perawatan yang tepat agar tidak berdampak serius terhadap kesehatan.

Untuk itu, guna menyediakan akses bagi masyarakat atau pasien dengan gangguan tiroid, RSCM Kencana juga telah memiliki Cluster Tiroid Terpadu.

"Di mana di dalamnya terdapat fasilitas dan peralatan yang lengkap, serta didukung oleh dokter dari berbagai multidisiplin yang berkolaborasi untuk dapat menangani pasien dengan gangguan tiroid,” jelasnya.

Ketua Indonesian Thyroid Association Cabang Jakarta Raya (InaTA Jaya), dr. Dicky L. Tahapary menekankan pentingnya kolaborasi berbagai sektor dalam upaya bersama mengatasi tantangan skrining (deteksi dini) dan pengelolaan gangguan tiroid di Indonesia.

"Kami pun di InaTA secara berkelanjutan terus mengimbau masyarakat untuk mewaspadai risiko gangguan tiroid dan tidak perlu takut untuk melakukan skrining, terutama pada populasi dewasa berisiko tinggi," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)