Awas! Bawa Ponsel ke Toilet Bisa Menyebabkan Wasir

Rabu, 04 Oktober 2023 - 10:25 WIB
loading...
Awas! Bawa Ponsel ke Toilet Bisa Menyebabkan Wasir
Sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang membawa ponsel ke mana pun, termasuk di toilet. Namun, ada alasan kuat untuk mempertimbangkan kembali kebiasaan ini. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang untuk selalu membawa ponsel ke mana pun mereka pergi, termasuk di toilet . Namun, ada alasan kuat untuk mempertimbangkan kembali kebiasaan ini.

Kontaminasi patogen adalah alasan yang jelas mengapa Anda sebaiknya menghindari membawa ponsel ke kamar kecil. Salah satu kekhawatiran utama saat membawa ponsel ke toilet adalah kebersihan. Kamar mandi, khususnya toilet umum, merupakan sarang kuman dan bakteri.

Dilansir dari Times of India, Rabu (4/10/2023) saat Anda membawa ponsel ke toilet, ponsel akan terpapar mikroorganisme tersebut. Kemudian dapat berpindah ke tangan dan wajah Anda saat menggunakan ponsel setelahnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ponsel dapat menampung banyak bakteri, termasuk patogen yang berpotensi membahayakan. Tidak hanya itu, ada potensi risiko lain yaitu kontaminasi silang.



Membawa ponsel ke kamar mandi meningkatkan risiko kontaminasi silang. Misalnya, jika Anda menggunakan ponsel saat berada di toilet lalu menyentuh gagang siram atau kait pintu tanpa mencuci tangan secara menyeluruh, Anda dapat memindahkan kotoran dan bakteri ke permukaan tersebut.

Selanjutnya, orang berikutnya yang menyentuh permukaan ini mungkin tanpa sadar bersentuhan dengan kontaminan tersebut. Di sisi lain, ponsel terkenal sulit dibersihkan dengan benar, karena kelembapan atau bahan pembersih berpotensi merusak komponen elektronik yang sensitif.

Hal ini menyulitkan menjaga kebersihan saat Anda rutin membawa ponsel ke kamar mandi, karena pembersihan mungkin lebih sering diperlukan dibandingkan area lain di rumah atau tempat kerja Anda.

Selain itu, membawa ponsel ke toilet dapat membuat Anda duduk terlalu lama di toilet, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko wasir karena tekanan pada area dubur meningkat.



Selain itu, duduk dalam waktu lama sambil menggunakan ponsel pintar dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk dan masalah muskuloskeletal seiring berjalannya waktu. Menggunakan ponsel di kamar mandi juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari fungsi alami tubuh.

Gangguan ini dapat menyebabkan buang air besar tidak teratur dan bahkan sembelit, karena Anda tidak sepenuhnya menyadari sinyal yang dikirimkan tubuh. Seiring waktu, hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan pencernaan Anda.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)