10 Air Rebusan yang Cocok untuk Meredakan Batuk Pilek

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 07:07 WIB
loading...
10 Air Rebusan yang Cocok untuk Meredakan Batuk Pilek
Terdapat beberapa jenis air rebusan yang cocok dikonsumsi untuk meredakan batuk pilek. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa jenis air rebusan yang cocok dikonsumsi untuk meredakan batuk pilek. Air rebusan ini terbuat dari bahan-bahan alami, yang mudah diracik sendiri di rumah.

Cuaca yang tidak menentu sering kali berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Salah satu gangguan kesehatan yang biasa menyerang adalah batuk dan pilek. Penyakit tersebut memang kerap terjadi saat kondisi tubuh dan cuaca tidak selaras.

Nah, untuk meredakan batu pilek, ada sejumlah ramuan atau air rebusan yang bisa diminum. Melansir beberapa sumber, Jumat (6/10/2023), berikut sederet minuman herbal ataupun air rebusan itu.


1. Air Hangat

Air putih hangat menjadi pilihan paling mudah dan murah yang bisa Anda konsumsi saat batuk pilek menyerang. Ketika mengonsumsi air hangat, Anda bisa mengencerkan dahak sehingga batuk menjadi reda.

2. Teh Jahe

Teh jahe bisa mengobati pilek dan batuk. Teh ini membantu mengeringkan hidung yang berair, sehingga mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk satu ruas jahe, kemudian direbus bersama air setengah gelas dan dicampur gula jawa.

3. Air Asam

Dilansir dari buku Tanaman Obat untuk Influenza, kandungan zat dalam buah asam yaitu flavonoid, dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit, antiradang, dan membantu pengeluaran keringat sehingga sangat cocok untuk menyembuhkan batuk pilek.

Cara konsumsinya adalah dengan mencampurkan asam dengan air dan kunyit hingga menghasilkan jamu kunyit asam.

4. Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk pilek. Ramuan air jeruk nipis ditambah madu cocok untuk meredakan penyakit tersebut pada balita. Cara konsumsinya adalah, peras air si jeruk nipis dan campur dengan madu.

5. Madu

Kerap dijadikan bahan campuran minuman, nyatanya madu sendiri memiliki khasiat kesehatan yang mujarab. Kandungan antimikroba pada madu dapat membantu melawan virus penyebab batuk pilek.

Cara konsumsinya adalah dengan meminum madu itu secara langsung sebanyak satu sendok teh, atau bisa juga dicampur dengan air setengah gelas.


6. Campuran Lemon, Kayu Manis, dan Madu

Ramuan ini efektif menyembuhkan pilek dan batuk. Cara membuatnya, dalam setengah sendok madu, tambahkan beberapa tetes lemon dan sejumput kayu manis. Minum ramuan ini dua kali sehari untuk menyembuhkan batuk pilek.

7. Teh Daun Thyme

Daun thyme terkenal akan manfaatnya untuk mengatasi beberapa penyakit pernapasan. Dalam jurnal berjudul Effectiveness and Tolerability of the Thyme/Ivy Herbal Fluid Extract dikatakan bahwa ekstrak thyme mampu mengurangi batuk kronis. Anda bisa membuat teh dengan campuran air dan daun thyme.

8. Teh Daun Peppermint

Daun peppermint juga menjadi bahan alami yang bisa mengobati batuk. Cara meraciknya adalah, campurkan daun peppermint yang sudah bersih dengan teh hangat.

9. Teh Camomile

Teh ini mengandung flavonoid yang berasal dari camomile. Ketika batuk atau sakit tenggorokan, mengonsumsi teh camomile bisa membantu mengatasi peradangan pada tenggorokan.

10. Air Kunyit

Tumbuhan kunyit pada bagian rimpangnya memiliki banyak manfaat. Kunyit dengan beragam senyawa berkhasiat di dalamnya, mampu mengobati hidung meler serta sakit tenggorokan pada anak ketika batuk pilek.

Cara meraciknya adalah dengan memarut satu rimpang kunyit, ambil sarinya, kemudian rebus bersama gula jawa sebanyak satu sendok, dan setengah butir asam jawa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)