5 Camilan Manis yang Aman untuk Penderita Diabetes, Salah Satunya Cokelat Hitam

Minggu, 08 Oktober 2023 - 04:10 WIB
loading...
5 Camilan Manis yang Aman untuk Penderita Diabetes, Salah Satunya Cokelat Hitam
Cokelat hitam dipercaya aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ketika menderita diabetes, seseorang dilarang untuk mengonsumsi camilan manis dan tinggi karbohidrat. Sebab, hal itu dapat meningkatkan kadar gula darah yang memperburuk diabetes.

Namun, tidak dapat dipungkiri semua orang juga membutuhkan asupan makanan yang manis, termasuk penderita diabetes. Sebenarnya ada banyak sekali camilan yang tinggi serat, protein, dan lemak yang menyehatkan jantung untuk mendukung pengendalian gula darah.

Makanan ini banyak ditemui di sekitar kita. Namun sayangnya jarang sekali orang menyadari hal ini. Untuk itu, mengutip laman Healthline, Minggu(8/10/2023), berikut lima camilan manis yang aman untuk penderita diabetes.


1. Cokelat Hitam

Jika dinikmati dalam jumlah sedang, cokelat hitam menjadi cara yang sehat untuk memenuhi keinginan mengonsumsi rasa manis Anda.

Cokelat hitam dipercaya aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena lebih rendah gula, karbohidrat, dan kalori dibandingkan dengan cokelat susu. Selain itu, cokelat hitam juga mengandung flavonoid, sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah resistensi insulin dan melindungi tubuh terhadap masalah jantung bagi penderita diabetes tipe 2.

2. Es Krim Pisang

Camilan manis lain yang cocok untuk penderita diabetes adalah es krim pisang yang dibuat hanya dengan buah pisang. Buah pisang merupakan sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik rendah yang bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah.

Ditambah lagi, sebuah penelitian pada 45 orang menemukan bahwa konsumsi pisang setiap hari secara signifikan mengurangi kadar gula darah puasa pada orang dengan kadar kolesterol tinggi setelah 4 minggu.

Untuk mendapatkan es krim pisang yang sehat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Iris pisang matang, masukkan ke dalam wadah kedap udara, dan bekukan minimal 2–3 jam. Selanjutnya, haluskan pisang beku dalam blender hingga mencapai konsistensi yang halus dan lembut. Pindahkan ke wadah lain dan bekukan hingga menjadi lebih kencang dan padat.


3. Greek Yogurt

Dengan 20 gram protein dalam setiap porsi 7 ons (200 gram), greek yogurt bisa menjadi pilihan camilan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Namun, perlu diketahui takaran yang pas untuk mengonsumsi greek yogurt yakni satu porsi berukuran 7 ons, mengandung 20 gram protein.

Bukan sekadar camilan, greek yogurt bermanfaat untuk meningkatkan asupan protein yang membantu pengendalian nafsu makan dan mengurangi keinginan makan. Selain itu, greek yogurt juga diperkaya dengan vitamin D dan probiotik yang dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

4. Keju Cottage

Satu mangkuk keju cottage dan buah merupakan camilan yang lezat dan mengandung banyak protein serta serat di setiap porsinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk susu rendah lemak, seperti keju cottage, bermanfaat untuk meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan berat badan dan lemak perut.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 482.000 orang juga menunjukkan bahwa peningkatan asupan buah mungkin dikaitkan dengan penurunan risiko komplikasi pembuluh darah pada penderita diabetes.

Jika Anda ingin menikmati camilan semangkuk keju cottege dan buah yang lezat untuk hidangan penutup, cobalah untuk kombinasikan beberapa sendok makan keju cottage dengan buah-buahan seperti apel, stroberi, blueberry, atau kiwi.

5. Smoothie Berprotein

Smoothie bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk menambahkan serat serta protein tambahan ke dalam makanan Anda sekaligus memuaskan keinginan rasa manis Anda.

Untuk membuat smoothie berprotein, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti protein whey yang membantu memperlambat pengosongan lambung dan merangsang sekresi insulin untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Anda juga bisa menambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam yang merupakan sumber serat dan antioksidan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)