5 Minuman Tonik Alami dan Manfaatnya, Mengatasi Stres dan Kecemasan

Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:37 WIB
loading...
5 Minuman Tonik Alami dan Manfaatnya, Mengatasi Stres dan Kecemasan
Banyak minuman tonik alami yang memiliki kaya manfaat untuk kesehatan, salah satunya jahe. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA - Ada banyak minuman tonik alami yang memiliki kaya manfaat untuk kesehatan, berisi bahan-bahan yang digunakan sehari-hari dan ini menjadi solusi ampuh untuk melawan kelelahan, kecemasan dan stres.

Dikutip dari Healthline pada Minggu (8/10/2023), berikut ini beberapa bahan untuk minuman tonik alami dan manfaatnya.


Minuman Tonik

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari ape dapat berdampak langsung pada kadar gula darah, membantu menjaga energi dan mencegah kelelahan. Cuka sari apel juga mengandung mineral penting seperti potasium yang memiliki korelasi langsung dengan tingkat energi.

Caranya, cukup campurkan cuka sari apel ke dalam air hangat atau dingin secukupnya, lalu aduk-aduk dan minum.

2. Matcha

Matcha mengandung flavonoid dan L-theanine, yang secara historis dikenal karena efek relaksasinya. L-theanine meningkatkan pita frekuensi alfa otak, menenangkan pikiran tanpa menyebabkan kantuk.

Dikombinasikan dengan kafein, L-theanine mungkin memiliki efek positif pada suasana hati. Mengingat matcha juga mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi, matcha bisa menjadi tonik yang ampuh untuk mengatasi rasa lelah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Kunyit

Kunyit memiliki popularitas yang tinggi, terutama dalam hal kesehatan mental. Kurkumin, senyawa bioaktif yang ditemukan dalam kunyit, telah dikaitkan dengan pengobatan kecemasan, depresi, dan banyak manfaat lainnya. Hal ini mungkin karena meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.


4. Jahe

Jahe memiliki manfaat selain sebagai penyedap dalam resep masakan Anda, tetapi juga meredakan sakit perut. Jahe mengandung 14 senyawa bioaktif unik dan sifat antioksidan. Senyawa ini ditemukan untuk mempertajam fungsi kognitif pada wanita paruh baya dan bahkan dapat melindungi otak, dan dari kerusakan akibat stres oksidatif.

5. Akar Maca

Sebagian orang mungkin tidak familiar dengan bahan yang satu ini. Sekilas mirip bengkoang. Tanaman asli Peru ini telah terbukti meningkatkan libido.

Disamping itu, Maca dapat jadi minuman alternatif lainnya untuk melawan stres. Senyawa tumbuhan Maca mengandung flavonoid, dapat meningkatkan suasana hati yang positif dan mengurangi tekanan darah dan depresi, seperti yang ditunjukkan pada wanita pascamenopause.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)