7 Makanan Penyembuh Luka Cedera, Bantu Mempercepat Pemulihan

Senin, 09 Oktober 2023 - 14:19 WIB
loading...
7 Makanan Penyembuh Luka Cedera, Bantu Mempercepat Pemulihan
Ada beberapa makanan penyembuh luka cedera yang baik dikonsumsi ketika dalam masa pemulihan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada beberapa makanan penyembuh luka cedera yang baik dikonsumsi ketika sedang dalam masa pemulihan. Kandungan nutrisi dalam beberapa makanan dapat membantu mempercepat pemulihan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurut laman the Central Orthopedic Group, nutrisi seperti protein, kalsium, zinc, omega-3, vitamin C, dan serat sangat dibutuhkan ketika seseorang dalam proses penyembuhan luka atau cedera.

Luka atau cedera kerap dialami oleh seseorang yang sering berolahraga atau aktivitas lainnya. Berikut ini beberapa makanan penyembuh luka dan cedera.

Makanan Penyembuh Luka Cedera


1. Salmon


Salmon terkenal akan kandungan omega-3, zat besi, protein, dan kalsium yang bagus dalam penyembuhan luka cedera. Dalam sebuah penelitian yang diunggah BMC Cancer di 207 menyebutkan bahwa omega-3 ikan salmon dapat mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan respons imun, dan mengurangi peradangan.



2. Telur


Dalam putih telur terkandung protein yang mudah diserap tubuh. Makanan ini bagus untuk penyembuhan luka. Selain itu, telur juga diperkaya zat gizi seperti vitamin A, vitamin B12, seng, zat besi, dan selenium, yang membantu luka mengering.

3. Kedelai


Jenis kacang yang mengandung vitamin A, C, D, E, dan K juga dapat menjadi sumber protein yang bagus. Terlebih kedelai juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit.



4. Brokoli


Brokoli yang termasuk sayuran hijau ini juga bagus untuk penyembuhan luka karena mengandung protein, kalsium, dan vitamin C. Makanan ini juga bagus untuk perbaikan otot dan mengurangi peradangan otot bagi orang yang cedera.

5. Bayam


Selain brokoli, bayam juga termasuk sayuran hijau yang baik untuk penyembuhan luka karena kaya akan vitamin C. Sayuran ini berpotensi mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka.



6. Stroberi


Buah yang kaya akan vitamin C ini juga memiliki kandungan protein. Melansir dari laman Hello Sehat Kemenkes, buah stroberi juga baik untuk mendukung elastisitas kulit, kesehatan sendi, dan penyembuhan luka. Buah yang kaya antioksidan ini juga bagus untuk memberikan efek antiradang.

7. Alpukat


Buah satu ini termasuk potensial dalam mendukung proses penyembuhan luka. Sebab, alpukat kaya akan serat dan vitamin C. Selain itu, ada pula kalium, magnesium, dan vitamin K, yang dapat mendukung proses penyembuhan dan kesehatan secara keseluruhan.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)