Doyan Makan Pedas? Berikut Jenis Sambal di Indonesia yang Wajib Kamu Cocol!

Senin, 09 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A

4. Sambal Ganja


Berbeda dengan namanya, sambal ini tidak benar-benar menggunakan ganja kok. Sambal khas Aceh ini terbuat dari cabai, udang, serai, bawang merah, daun jeruk, dan belimbing wuluh. Rasanya pedas masam penuh kesegaran.

5. Sambal Krecek


Sambal yang datang dari Jogja ini merupakan teman makan gudeg. Terbuat dari kulit sapi atau krecek yang dimasak bersama dengan santan, cabai, serai, salam, dan lengkuas. Sambal krecek ini teksturnya lembut dan cocok untuk disantap dengan nasi hangat.



6. Sambal Roa


Suka makan ikan? Berarti Anda harus coba sambal roa! Sambal dengan suwiran ikan roa ini memiliki rasa yang mantap. Bahkan, sambal ini cocok dijadikan lauk, tak hanya jadi sekadar pendamping saja.

Biasanya sambal atau makanan asal Makassar ini dijadikan cocolan pisang goreng ataupun gorengan lainnya. Rasa gorengan pun jadi kaya akan rasa kalau dicocol bareng sambal satu ini.

7. Sambal Ijo


Sambal ijo paling sering muncul di rumah makan padang sebagai pelengkap santapan nasi padang yang megah. Dari sisi rasa, sambal ijo bukan jenis sambal yang menawarkan level pedas tinggi.

Pasalnya, sambal ini menggunakan jenis cabai hijau. Cabai tersebut dicampur dengan bawang putih, bawang merah, dan tomat hijau. Sambal ini perlu ditumis terlebih dulu sebelum dihidangkan. Sambal ini bisa disantap dengan menu ikan dan ayam bakar bersama nasi hangat.

8. Sambal Tomat


Sambal tomat cocok untuk Anda yang ingin menyantap sambal namun tidak menyukai rasa pedas, maka sambal ini dapat menjadi pilihan. Campuran antara cabai dan tomat menjadikan sambal ini terasa segar dan cocok untuk dinikmati bersama dengan berbagai lauk seperti ayam, ikan, dan lain sebagainya.

9. Sambal Matah


Sambal matah berasal dari Bali. Matah berarti mentah, sesuai dengan cara mengolah sambal ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, garam, sereh, minyak, dan jeruk limo. Sambal matah dapat dinikmati dengan ikan bakar, ayam goreng, dan hidangan lain.

10. Sambal Bajak


Sambal bajak terkenal banget di Pulau Jawa. Merupakan sambal khas masyarakat Jawa Timur yang biasa diberikan kepada petani yang ingin perlu membajak sawah. Tekstur sambal ini terbilang cukup halus. Anda tidak akan melihat adanya potongan cabai atau tomat dalam sambalnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)