6 Buah yang Bagus Dikonsumsi untuk Kulit Kering

Rabu, 11 Oktober 2023 - 08:08 WIB
loading...
6 Buah yang Bagus Dikonsumsi untuk Kulit Kering
Terdapat beberapa buah yang bagus untuk kulit kering. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa buah yang bagus untuk kulit kering. Buah-buahan ini bisa merawat dan menjaga kelembaban kulit dari dalam.

Sebagian orang memiliki jenis kulit kering. Tipe kulit ini cenderung bersisik atau memiliki permukaan kasar dengan pori-pori yang mudah terlihat akibat kelembaban kulit yang rendah. Kulit kering mudah mengalami iritasi dengan tanda memerah, gatal, dan meradang sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.

Dalam kondisi yang kering, kulit memang akan terasa gatal, kasar, dan bersisik. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat mengakibatkan kulit mengelupas, pecah-pecah, bahkan menimbulkan perdarahan.



Untuk diketahui, kulit pun membutuhkan vitamin dan mineral guna menjalankan fungsinya. Karena itu, kulit harus dirawat dengan asupan nutrisi seperti halnya anggota tubuh lain.

Merawat kulit tentu tidak cukup dengan mengaplikasikan produk skincare saja. Perawatan dari dalam tubuh dengan mengasup makanan bernutrisi juga tak boleh diabaikan, salah satunya buah.

Lantas, apa saja buah yang bagus dikonsumsi untuk kulit kering? Berikut informasinya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/10/2023).

Buah yang Bagus Dikonsumsi untuk Kulit Kering

1. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah sumber vitamin C yang baik. Melansir laman Medical News Today, satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 64 mg vitamin C atau 71% dari nilai harian yang dibutuhkan tubuh.

Kekurangan vitamin C dapat berdampak buruk pada kulit. Vitamin C juga memiliki manfaat kesehatan lain selain menghidrasi kulit dan fungsi pelindung. Misalnya, mengonsumsi vitamin C dapat menurunkan risiko terkena katarak dan mengurangi keparahan gejala pilek.

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber omega-3 yang baik. Pola makan rendah omega-3 dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, dan dermatitis.

Sebuah penelitian pada hewan pengerat tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 selama 60 hari dapat mengurangi rasa gatal dan meningkatkan hidrasi kulit. Meskipun para peneliti melakukan penelitian ini dengan suplemen minyak ikan, namun mereka mencatat bahwa penggunaan suplemen omega-3 dalam jangka panjang kemungkinan besar akan memiliki efek yang sama.


3. Jeruk

Buah jeruk kaya akan Vitamin C. Antioksidan terbaik ini juga sangat penting untuk kesehatan kulit. Senyawa yang dikandungnya membantu memperbaiki skin barrier, meningkatkan produksi kolagen, dan mempercepat penyembuhan luka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)