Manfaat Essential Oil untuk Kebugaran dan Kecantikan

Kamis, 27 Juli 2017 - 04:08 WIB
Manfaat Essential Oil untuk Kebugaran dan Kecantikan
Manfaat Essential Oil untuk Kebugaran dan Kecantikan
A A A
JAKARTA - Essential oil atau minyak esensial memiliki banyak manfaat. Minyak alami yang diperoleh dari proses penyulingan dan memiliki aroma khas dari tanaman ini dipercaya bisa menutrisi kulit tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan stress, hingga mengurangi ketegangan di kepala.

Banyak jenis wewangian yang ditawarkan dalam terapi, mulai lavender, pappermint, lemon hingga rose. Aromanya yang lembut lavender misalnya, bermanfaat sebagai antidepresan dan bisa mengurangi nyeri kepala hingga stres. Beberapa penelitian pun merekomendasikan penggunaan aromaterapi ini.

"Aroma lavender memberikan efek rileks dan tenang sehingga bisa membuat orang merasakan hal itu. Dengan mengusapkan minyak lavender di telapak kaki, bisa membuat orang memiliki kualitas tidur lebih baik," kata Country Manager Young Living Indonesia Anggit Wicaksono di Agro Plaza, Rabu (26/7/2017).

Sementara, untuk lemon yang berasal dari pengepresan dingin kulit lemon bisa memberikan aroma buah lemon yang segar. Aroma yang menyenangkan, manis, dan mampu membangkitkan kenangan ini mermbuat minyak lemon dapat menghilangkan bau tidak sedap. Aroma ini pun sudah digunakan ribuan tahun lalu.

"Menggunakan diffuse minyak lemon bisa membuat ruangan terasa lebih bersih dan segar. Untuk menggunakan diffuse ini cukup dengan campurkan 12 tetes essential oil ke dalam diffuse yang sudah dicampur air. Minyak lemon juga dapat dicampur dengan krim untuk menambah kesegaran aromanya," jelasnya.

Sedangkan essential oil peppermint juga menjadi salah satu aromaterapi yang disukai selain lavender. Pappermint memiliki aroma yang bermanfaat sebagai dekongestan, stimulant, dan antispasmodik. Aromanya yang fresh juga bisa menyegarkan pikiran dan perasaan sehingga mampu memberikan sensasi menenangkan.

"Ketika seseorang sedang menjalani atau setelah melewati hari yang melelahkan di kantor atau di mana pun, dianjurkan untuk menikmati manfaat dari minyak peppermint dengan mengusapnya di kening dan leher. Aroma yang menyegarkan ini memberikan mereka energi positif," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6114 seconds (0.1#10.140)