Pentingnya Menangani Remaja Rentan Depresi, Begini Caranya

Senin, 16 Oktober 2023 - 15:31 WIB
loading...
Pentingnya Menangani Remaja Rentan Depresi, Begini Caranya
Angka kematian remaja meningkat., Permasalahanannya ketidakmampuan remaja mengendalikan perilaku dan mengelola emosi. Foto/ midcitytms.
A A A
JAKARTA - Depresi merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang ditandai oleh perasaan sedih yang berkelanjutan dan kehilangan minat terhadap aktivitas yang sebelumnya dinikmati.

Depresi biasanya ditandai dengan kelainan suasana hati yang memengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku seseorang.



Data Kemenkes, dikutip pada Senin (16/10/2023), sebanyak 6,1 persen atau 12 juta penduduk Indonesia yang lebih dari 15 tahun rentan terkena depresi. Mirisnya hanya sembilan Persen dari mereka yang menjalani pengobatan.

Secara fisik usia remaja merupakan periode paling sehat sepanjang siklus kehidupan. Namun disisi lain, angka kesakitan dan kematian usia remaja akhir menyebabkan adanya peningkatan hingga 200 persen. Permasalahanannya adalah ketidakmampuan remaja dalam mengendalikan perilaku dan mengelola emosi.

Peningkatan yang terjadi tentunya bukan tanpa alasan. Adanya gangguan mental emosional menyebabkan remaja itu sendiri rentan terkena depresi . Area otak remaja mengalami maturasi lebih cepat dan berkembang secara konstan dibanding area lainnya, sehingga menyebabkan remaja cenderung melakukan perilaku beresiko dan impulsif, serta kurang mempertimbangkan dengan konsekuensi yang didapat.

Untuk itu, pentingnya peran orang dewasa saat kondisi seperti ini perlu dilakukan. Membimbing dan jadi penutan bagi remaja lewat membangun kecerdasan emosi dalam menentukan pilihan, selain itu mengevaluasi risiko dan mengantisipasi konsekuensidari setiap pilihan yang diambil juga perlu dilakukan. Alihkan perhatian dan energi ke aktivitas positif agar kesehatan mental tetap terjaga.

Di sisi lain, pengobatan yang melibatkan pendekatan holistik juga diperlukan, berupa terapi obat dan terapi psikologis:

1. Terapi Obat: Dokter dapat meresepkan antidepresan untuk membantu mengurangi gejala depresi . Antidepresan yang umum digunakan termasuk SSRIs (Selective Serotonin Reuptake Inhibitors), SNRIs (Serotonin-Norepinephrine Reuptake Inhibitors), dan trisiklik.



2. Terapi Psikologis: Terapi seperti terapi kognitif perilaku (CBT) dan terapi bicara dapat membantu individu untuk mengatasi pemikiran negatif, mengembangkan strategi pengelolaan stres, dan mempelajari keterampilan baru dalam menghadapi depresi.

Bahayanya jika depresi tidak diobati dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang serius seperti peningkatan risiko bunuh diri, gangguan kecemasan, gangguan fisik seperti nyeri kronis, dan masalah dalam hubungan interpersonal. Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mendiagnosis dan mengobati depresi dengan segera.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)