Ini Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Tak hanya setelah Bangun Tidur

Senin, 16 Oktober 2023 - 19:33 WIB
loading...
Ini Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Tak hanya setelah Bangun Tidur
Waktu terbaik untuk minum air putih penting untuk diketahui sehingga bisa mencegah dehidrasi. Ada banyak pedoman tentang berapa banyak yang harus diminum. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Waktu terbaik untuk minum air putih penting untuk diketahui guna memenuhi kebutuhan cairan harian sehingga bisa mencegah dehidrasi. Ada banyak pedoman tentang berapa banyak yang harus diminum.

Terlepas dari tujuan hidrasi Anda, penting untuk minum air putih secara konsisten sepanjang hari. Ahli gizi dan ahli diet di Florida, Sarah Krieger menyarankan untuk mengukur berat badan mereka dalam pon (lb), membagi angka ini menjadi dua, dan minum cairan sebanyak itu (oz), termasuk air, setiap hari.

Jika berat Anda 140 pon atau 63 kilo, itu berarti 70 ons cairan, yang setara dengan hampir 9 cangkir cairan. Itu juga tergantung pada tingkat aktivitas, apakah Anda sedang kepanasan, atau sedang hamil, menyusui, atau sakit, semua faktor mengharuskan Anda meningkatkan hidrasi.

Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih



Berikut waktu terbaik untuk minum air putih dilansir dari Everyday Health, Senin (16/10/2023).



1. Saat Bangun Tidur


Minumlah satu hingga dua gelas air terlebih dahulu saat bangun tidur. Karena Anda tidak minum saat tidur sehingga saat bangun, tubuh mengalami dehidrasi. Meminum air saat memulai hari dapat membuat Anda kembali ke kondisi normal. Ini juga dapat membantu jika Anda minum obat di pagi hari.

2. Sebelum Makan


Air berperan dalam pengelolaan berat badan. Minum secangkir air sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan membantu mencegah makan berlebihan. Penelitian yang pada 2018 menemukan bahwa minum air sebelum makan membantu pria dan wanita makan lebih sedikit dan merasa puas seperti kelompok yang tidak minum air sebelumnya.

Mungkin juga lebih baik jika diberi es. Sebuah penelitian kecil terhadap pria yang diterbitkan pada 2019 menemukan bahwa peserta yang minum dua cangkir air es pada suhu 35 derajat Fahrenheit makan lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok yang minum air hangat atau panas, karena suhu dingin memperlambat pencernaan dan dapat membantu mengurangi nafsu makan.

3. Diminum Bersama Makanan


Minum air dengan makanan membantu pencernaan. Air sangat penting untuk diminum bersamaan dengan makanan berserat tinggi. Serat bergerak melalui sistem pencernaan dan menyerap air, membantu membentuk tinja dan meningkatkan keteraturan buang air besar. Jadi, jika Anda mengisi piring Anda dengan makanan nabati, pastikan minum air putih dengan cukup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)