Benarkah Puasa Efektif Menurunkan Risiko Diabetes? Ini Penjelasannya

Senin, 16 Oktober 2023 - 21:15 WIB
loading...
A A A
Namun, bagi penderita diabetes, dr Hermina memberikan sebuah saran khusus. Menurutnya, pengidap diabetes wajib melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli atau dokter terkait.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan penderita diabetes perlu mengalami penyesuaian ketika hendak berpuasa. Tujuannya agar tidak muncul komplikasi seperti hipoglikemia atau hiperglikemia yang bisa berdampak buruk.

Sumber lain pun mengatakan hal yang mirip. Terlepas dari penelitian yang menunjukkan adanya manfaat puasa bagi penderita diabetes, American Diabetes Association tidak merekomendasikan cara tersebut pada pengelolaan diabetes.

Lebih jauh, langkah terbaik dalam pengelolaan diabetes adalah mengubah gaya hidup, termasuk pola makan yang baik dan sehat. Jika ingin mencoba berpuasa ketika mengidap diabetes, akan lebih baik untuk mengetahui cara yang tepat dengan berkonsultasi dengan dokter dulu.

Salah satu risiko pengidap diabetes ketika berpuasa adalah berpotensi terlalu rendahnya kadar gula darah. Hal ini berlaku ketika mereka juga mengonsumsi obat insulin yang biasanya ditujukan untuk menekan diabetes.

Apabila kadar gula darah terlalu rendah, Anda bisa terkena keluhan seperti hipoglikemia.

Jadi, dapat dipahami bahwa memang ada beberapa penelitian yang mengungkap manfaat puasa bagi pencegahan diabetes. Tak hanya itu, pengidapnya pun boleh saja melakukan aktivitas puasa dengan berbagai tujuan, termasuk mengelola stabilitas gula darah.

Namun, catatannya adalah mereka wajib berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau ahli terkait. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya puasa yang dilakukan bisa berjalan baik dan sesuai tujuannya.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)