Benarkah Puasa Efektif Menurunkan Risiko Diabetes? Ini Penjelasannya

Senin, 16 Oktober 2023 - 21:15 WIB
loading...
Benarkah Puasa Efektif Menurunkan Risiko Diabetes? Ini Penjelasannya
Benarkah puasa efektif menurunkan risiko diabetes? Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Apabila terus dibiarkan tanpa penanganan serius, penyakit ini bisa berbahaya bagi tubuh pengidapnya.

Penyakit diabetes diakibatkan kenaikan kadar gula dalam darah. Penyebabnya cukup beragam, bisa karena pola makan yang kurang baik hingga gaya hidup menyimpang.

Dalam berbagai jenis pencegahan dan pengobatan diabetes, ada anggapan bahwa puasa dapat menjadi salah satu cara efektif. Benarkah demikian?

Apa Puasa Efektif Menurunkan Risiko Diabetes?


Puasa merupakan aktivitas menahan diri dari makanan dan minuman dalam waktu tertentu. Terkait manfaatnya, telah banyak penelitian yang menemukan dampak baik bagi tubuh ketika seseorang berpuasa.



Dari banyaknya manfaat puasa, salah satu yang cukup sering ditanyakan adalah berkaitan dengan penurunan risiko diabetes. Lantas, benarkah demikian?

Ada beberapa penelitian yang menemukan manfaat puasa dalam meningkatkan kontrol gula darah. Artinya, kondisi ini akan berguna bagi pengidap penyakit seperti diabetes.

Mengutip laman Dinas Kominfo Jawa Timur, Senin (16/10/2023), Pakar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), dr Hermina Novida SpPD K-EMD FINASIM menyebut bahwa ada mekanisme khusus dalam tubuh yang membantu peningkatan stabilitas gula darah ketika seseorang berpuasa.

Saat berpuasa sehari penuh, asupan kalori yang masuk tubuh cenderung berkurang. Sejalan dengan hal ini, kadar gula darah dalam tubuh pun akan turut mengalami penurunan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)