Buah Ceri Bisa Atasi Asam Urat hingga Mencegah Kanker, Banyak Tumbuh Liar di Pingir Jalan

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 07:31 WIB
loading...
Buah Ceri Bisa Atasi Asam Urat hingga Mencegah Kanker, Banyak Tumbuh Liar di Pingir Jalan
Buah ceri atau disebut juga kersen memiliki banyak manfaat kesehatan. Menariknya lagi, buah ini mudah ditemui, bahkan banyak tumbuh di pinggir jalan. Foto/ ist.
A A A
JAKARTA - Buah ceri atau disebut juga kersen memiliki banyak manfaat kesehatan. Menariknya lagi, buah ini mudah ditemui, bahkan banyak tumbuh di pinggir jalan.

Mengutip Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, kersen mengandung air, serat, vitamin A, vitamin C, zat besi, niacin, protein, karbohidrat, betakaroten, riboflavin, tiamin, kalsium, fosfor, dan flavonoid. Selain itu, buah kersen juga mempunyai sifat anti-inflamasi, anti-kanker, dan anti-septik.


Manfaat buah ceri

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kita harus terus menjaga sistem kekebalan tubuh guna melindungi diri dari penyakit. Langkah tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yakni dengan mengonsumsi kersen karena memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid. Perpaduan keduanya mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.

2. Mencegah kanker

Sifat anti kanker yang terkandung dalam buah kersen ini sudah dapat dipastikan bahwa buah ini mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di tubuh kita.

3. Menghidrasi tubuh

Seperti yang kita bisa rasakan, cuaca di Indonesia saat ini sedang panas terik. Agar tubuh tetap sehat kita harus terus menghindarinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghidrasi tubuh yakni dengan mengonsumsi kersen. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan air yang baik untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

4. Meredakan nyeri dan kram

Selain sifat anti-kanker, kersen ini memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang berguna untuk meredakan nyeri rematik, nyeri otot, nyeri pada bagian persendian hingga nyeri haid.

Selain itu, sifat anti-septik dan anti-inflamasi yang ada dalam buah ini berguna untuk meringankan dan mengobati kram perut.

5. Mengobati asam urat

Buah kersen memiliki kandungan senyawa dan zat-zat aktif. Kandungan tersebut berguna untuk mengobati penyakit asam urat. Namun, untuk merasakan hasilnya, buah kersen harus dikonsumsi secara teratur.


6. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam buah kersen berguna untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

7. Menyehatkan pencernaan

Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah yang berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)