Jangan Sampai Keliru! Begini Aturan Minum Suplemen yang Tepat

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 19:33 WIB
loading...
Jangan Sampai Keliru! Begini Aturan Minum Suplemen yang Tepat
Jangan sampai keliru, ketahui dulu aturan minum suplemen yang tepat supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa diserap secara maksimal oleh tubuh. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Jangan sampai keliru, ketahui dulu aturan minum suplemen yang tepat supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa diserap secara maksimal oleh tubuh.

Suplemen vitamin dan mineral adalah asupan gizi penunjang yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh saat digunakan dengan tepat. Namun, terkadang penyerapan vitamin dan mineral suplemen tidak bisa optimal, karena cara mengonsumsinya kurang tepat.

Oleh karena itu, simak beberapa aturan minum suplemen di bawah ini supaya Anda bisa mendapatkan nutrisi yang optimal.

Aturan Minum Suplemen





1. Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Harian


Kebutuhan vitamin dan mineral per hari setiap orang bisa berbeda-beda. Besarnya tergantung jenis kelamin, usia, dan kondisi kesehatan. Dokter umumnya menyarankan jenis suplemen vitamin dan mineral dosis tertentu dengan menakar pertimbangan di atas.

Sebagai contoh, lansia membutuhkan vitamin D dan B12 lebih banyak dari anak muda. Sedangkan wanita membutuhkan kalsium dan vitamin D lebih banyak setelah menopause. Hindari minum suplemen vitamin dan mineral dosis tinggi sembarangan. Hal itu dapat memicu kelelahan, diare, batu ginjal, sampai kerusakan organ.

2. Konsumsi Suplemen Sesuai Kebutuhan


Suplemen direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika kebutuhan meningkat. Selain ibu hamil dan menyusui, serta lansia, orang yang sedang sakit atau dalam masa pemulihan juga perlu untuk minum vitamin.

Kebutuhan suplemen dan asupan gizi masing-masing orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatannya. Jika Anda berusia di bawah 19 tahun, mengidap penyakit tertentu atau sedang hamil/menyusui, sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin tertentu.

3. Ketahui Waktu Terbaik Minum Suplemen


Sebenarnya, tidak ada waktu khusus untuk mengonsumsi vitamin. Namun, ada beberapa jenis vitamin yang bekerja dengan lebih baik bekerja pada kondisi tertentu, seperti:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)