Cerita Feby Febiola dan Vidi Aldiano Berjuang Melawan Kanker

Rabu, 05 Agustus 2020 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya pada 2019, kisah perjuangan penyanyi Vidi Aldiano untuk bangkit setelah divonis kanker pun juga menjadi perhatian warganet. Selama 1 dekade menjalani karier bermusik, Vidi mengaku titik terendah dalam hidupnya ketika divonis penyakit kanker. (Baca juga: Batu Hitam Diduga Meteor yang Timpa Rumah Warga Ditawar Rp1 Miliar)

Penyanyi pemilik nama lengkap Oxavia Aldiano ini pun mengalami fase terendah dalam hidup karena sempat divonis mengidap kanker. Ia bisa melaluinya dan kini berangsur membaik. Tahun ini, Vidi Aldiano kembali muncul dengan single barunya, ‘Bertahan Lewati Senja’ yang sedikit banyak kisah dalam lagu ini menceritakan pengalaman dan perasaannya kala mendengar vonis itu.

Menurut pria kelahiran Jakarta, 29 Maret 1990 ini, hari di mana ia divonis kanker merupakan hari terburuknya. “Hari itu hancur lah semua yang sudah gue buat 10 tahun ke belakang, semua usaha gue, semua challenges yang sudah gue siap hadapi di 2020 kayak rasanya sudah enggak ada artinya. Rasanya I was ready to die.” sebutnya.

Pelantun lagu Status Palsu ini menuturkan yang menyelamatkan hidupnya di saat-saat terpuruk adalah musik. “Terkadang saat gue sedang sedih banget, suara di kepala gue banyak banget. Satu-satunya cara yang bisa gue lakukan dan gue tahu, gue mengeluarkan satu-persatu itu dengan cara gue bikin musik.”

Penyanyi berdarah Tionghoa dan Minangkabau ini pun berpesan untuk tetap menjaga kesehatan, karena kita tidak pernah tau kapan penyakit akan menyerang. “Sekarang penyakit-penyakit sudah aneh-aneh. It’s better to take care of yourself. I think it’s very important buat kita untuk melek kesehatan. Di 2019, ujian-ujian gue banyak mengubah gue secara karakter dan prioritas. Di 2020 dan seterusnya gue pengen prioritas gue diri gue sendiri karena kemarin gue enggak dengarin badan gue; kerangka yang sudah menjaga jiwa gue dan semuanya selama 29 tahun.” Kisahnya. (Baca juga: Arkeolog Israel Menemukan 'Wajah Tuhan')

Kisah aktris Rachel Amanda kini menjalani hidup dengan penuh kesadaran setelah berhasil berjuang melawan penyakit kanker tiroid yang diidapnya. Dara kelahiran 1 Januari 1995 ini mengaku lebih menjaga kesehatan mental dan fisiknya. "Sebenarnya tidak ada pantangan makanan, tetapi ketika pengen makanan tertentu pasti aku pikirkan dulu ada manfaatnya atau tidak buatku, jadi lebih sadar saja," kata wanita yang akrab disapa Amanda ini.

Saat menerima kabar tersebut dari dokter, Amanda merasa sedikit syok, tetapi tetap termotivasi untuk menjalani seluruh rangkaian pengobatan. "Orangtua dan juga orang-orang di sekelilingku sangat membantu. Mereka adalah support system yang memberiku semangat," ujarnya.

Ketika itu Amanda mengalami hipertiroid dan minum obat secara rutin. Kondisi hipertiroid atau hormon tiroid yang terlalu aktif membuatnya mengalami gejala gampang lelah, jantung berdebar-debar, metabolisme tinggi, dan juga sering gemetar. (Lihat videonya: Menghindari Tabrakan Sebuah Mobil Tercebur ke Laut)

"Waktu itu aku minum obat hipertiroid untuk menormalkan hormonnya, tetapi setelah stabil leherku makin bengkak dan ternyata ada tumor di tiroid kanan," tutur wanita yang baru meraih gelar sarjana psikologi ini.

Tindakan operasi dilakukan untuk mengangkat benjolan di kelenjar tiroid tersebut. Namun, dokter akhirnya mengangkat kedua tiroidnya dan menemukan sel kanker di bagian tiroid kirinya. Amanda merasa beruntung karena kanker tiroidnya ditemukan di stadium satu sehingga proses penyembuhannya lebih cepat. Stadium satu Dokter mendiagnosisnya kanker tiroid pada tahun 2014. (Thomas Manggala)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)