7 Manfaat Omega 3 untuk Tubuh, Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Berbahaya

Kamis, 26 Oktober 2023 - 13:06 WIB
loading...
7 Manfaat Omega 3 untuk Tubuh, Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Berbahaya
Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk tubuh. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Banyak manfaat omega 3 untuk tubuh yang jarang diketahui orang. Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang penting untuk kesehatan tubuh.

Kandungan tersebut banyak terdapat dalam ikan laut seperti salmon , ikan kembung, sarden, dan tuna. Omega 3 juga terdapat dalam telur, kedelai dan ikan teri, meskipun kadar kandungannya masih lebih sedikit dari ikan laut.

Menurut laman Kemenkes, ada tiga jenis omega 3 yang paling umum sebagai berikut:

- Asam Eicosapentaenoate (EPA) yang memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

- Asam Dokosaheksaenoat (DHA) adalah komponen utama dalam otak dan mata. Kekurangan DHA dapat mengganggu perkembangan otak pada anak-anak dan berpotensi mempengaruhi fungsi kognitif pada orang dewasa.

- Asam Alfa-Linolenat (ALA) adalah sumber utama omega-3 dalam diet nabati. Tubuh dapat mengubah ALA menjadi EPA dan DHA, meskipun dengan efisiensi yang lebih rendah dibandingkan dengan mengkonsumsi EPA dan DHA langsung.



Dari tiga jenis tersebut, tentu banyak manfaat yang dihadirkan dari omega 3. Mulai dari meningkatkan kesehatan tubuh mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya.

Manfaat Omega 3 untuk Tubuh


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Omega 3 yang berjenis EPA dan DHA dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah, trigliserida, dan risiko pembekuan darah.

2. Mendukung Fungsi Otak


DHA adalah komponen utama dalam otak. Asupan omega 3 yang cukup dapat mendukung perkembangan otak pada anak-anak dan menjaga fungsi kognitif yang baik pada orang dewasa. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3500 seconds (0.1#10.140)