Manfaat Meditasi di Pagi Hari, Perhatikan Gerakannya

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Meditasi di pagi hari dapat mengatur suasana hari Anda, tetapi pagi hari juga dapat mengatur suasana meditasi.

Menurut Caroline Schmidt, pekerja sosial klinis berlisensi dari St. Louis, Missouri, pagi hari cenderung memiliki perasaan damai sebelum kesibukan hari itu.

Pikiran Anda secara alami tenang dari istirahat, dan dunia di sekitar Anda tenang dari tidur kolektif.

“Pagi hari memberikan kesempatan untuk memiliki waktu sendiri, sementara orang lain terus tidur,” ujarnya. “Kali ini bisa untukmu, dan kamu sendiri. Dan itu adalah sesuatu yang sangat jarang terjadi, di dunia yang semakin terhubung dengan teknologi.”

“Saat Anda baru bangun tidur dan masih terbaring di tempat tidur, Anda dapat mengambil kesempatan untuk terhubung dengan diri sendiri bahkan hanya selama lima menit. Anda dapat dengan sadar merasakan dan mengeksplorasi bagaimana perasaan tubuh Anda di bawah selimut,” katanya.

Durasi meditasi

Penelitian tentang berapa lama Anda perlu bermeditasi untuk merasakan manfaatnya masih terbatas dan beragam. Beberapa ahli menyarankan pengulangan, kompetensi, dan konsistensi lebih penting daripada durasi.

Studi pada 2018 menemukan bahwa 13 menit sehari selama 8 minggu sudah cukup bagi sebagian besar meditator yang tidak berpengalaman untuk melihat perubahan positif.

Terkadang mediasi beberapa menit mungkin cukup untuk mencapai tingkat fokus dan kejelasan yang tepat untuk menghadapi tantangan secara langsung.

“Sebenarnya tidak ada waktu yang baik atau buruk untuk bermeditasi,” kata Mathews.

“Saya menasihati klien saya bahwa meditasi yang disengaja selama 30 detik pun dapat memberikan manfaat,” ucap dia lagi.


Jenis meditasi pagi

Segala jenis meditasi bisa menjadi meditasi pagi. Praktik yang Anda putuskan haruslah praktik yang sesuai dengan tujuan dan prinsip Anda. Jika Anda bukan orang yang spiritual, misalnya, meditasi yang berfokus pada spiritual mungkin bukan untuk Anda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3498 seconds (0.1#10.140)