5 Makanan Khas Ambon, Kota yang Dikunjungi Mahfud MD di Hari Sumpah Pemuda 2023

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:28 WIB
loading...
5 Makanan Khas Ambon, Kota yang Dikunjungi Mahfud MD di Hari Sumpah Pemuda 2023
Mahfud MD, Cawapres Ganjar Pranowo, menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda di Ambon, Sabtu (28/10/2023). Foto/Instagram Mahfud MD
A A A
AMBON - Mahfud MD, Cawapres Ganjar Pranowo, menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda di Ambon, kota yang memiliki berbagai makanan khas unik, pada Sabtu (28/10/2023).

Dalam acara tersebut, cawapres yang saat ini masih menjabat Menko Polhukam itu menjadi narasumber dalam rangkaian kegiatan Hari Sumpah Pemuda dengan tema "Jujaro dan Mungare Bersama Membangun Negeri untuk Indonesia Emas 2045".

Dalam sambutannya, Mahfud MD mengajak generasi muda, terutama kaum "Jojaro dan Mongare" (pemuda dan pemudi), untuk bersama-sama menjaga serta membangun masyarakat adat sebagai bagian dari budaya bangsa. Dia menyatakan, keyakinannya bahwa generasi muda yang cerdas dan memiliki rasa keindonesiaan yang kuat dapat membawa Indonesia menuju Indonesia Emas pada 2045.



Dalam pandangannya, Mahfud MD menyatakan optimisme terhadap peran anak muda dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Menurutnya, generasi muda, terutama generasi milenial dan Gen Z, memiliki kecerdasan serta semangat keindonesiaan yang dalam.

“Karena kita punya negara yang berdasarkan konstitutisi, sekarang generasi muda terutama kaum milenial dan gen z pemilik, tinggal mengisi kemerdekaan untuk memajukkan diri sendiri Karena negara sudah memberikan fasilitas untuk maju. Jadi setiap diri harus maju dan bekerja sama antarsesama generasi untuk menuju Indonesia emas,” beber Mahfud MD menunjukkan pesannya dalam Hari Sumpah Pemuda.

Kembali lagi ke makanan khas, Ambon memiliki berbagai kuliner yang dapat Anda cicipi ketika mengunjungi kota yang sedang disinggahi oleh Mahfud MD Cawapres Ganjar. Apa saja makanan asal Kota Musik tersebut? Simak daftarnya pada penjelasan yang telah dirangkum berikut ini.

Deretan Makanan Khas Ambon, Kota yang Dikunjungi Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo

1. Papeda

Papeda, makanan khas Maluku Utara yang menjadi primadona di Ambon, merupakan bubur sagu yang digunakan sebagai pengganti nasi. Keunikan teksturnya yang kenyal mirip dengan lem, membuatnya menarik bagi siapa pun yang melihatnya.

Papeda yang disantap bersama kuah ikan kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau mubara dengan kuah berbumbu kunyit, memberikan sensasi rasa yang khas dan lezat. Proses menyantapnya pun unik, dengan papeda dipilin menggunakan alat seperti sumpit sebelum dituangkan ke dalam piring berisi kuah ikan kuning.

2. Kohu-Kohu

Kohu-kohu, kuliner tradisional khas Ambon, merupakan hidangan sayuran yang terbuat dari campuran kacang panjang, tauge, mentimun, dan daun kemangi yang diaduk dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, perasan jeruk nipis, kelapa parut, serta potongan ikan cakalang yang disuwir.

Penggunaan ikan cakalang dapat diganti dengan ikan tongkol atau ikan teri basah, menambah variasi dalam hidangan khas Ambon ini.

3. Pisang Asar

Pisang asar, yang artinya bakar dalam bahasa Ambon, merupakan salah satu makanan khas Ambon yang terbuat dari pisang raja yang dipanggang menggunakan oven. Hidangan ini sering menjadi teman yang sempurna untuk menikmati sore hari, terutama disandingkan dengan secangkir teh atau kopi.

Proses pembuatan pisang asar mengharuskan penggunaan jenis pisang raja saja, sementara jenis pisang lainnya tidak cocok untuk olahan ini.


4. Rujak Natsepa

Rujak natsepa merupakan makanan khas Ambon yang dinamakan demikian karena hanya dapat ditemukan di Pantai Natsepa.

Meskipun komposisinya mirip dengan rujak buah pada umumnya, terdiri dari kedondong, mentimun, pepaya, nanas, jambu air, belimbing, dan berbagai buah lain, rujak natsepa memiliki ciri khas tersendiri berupa tambahan buah pala, irisan gula merah, dan kacang tanah goreng. Rasanya dapat dicicipi sambil menikmati keindahan alam di Pantai Natsepa.

5. Nasi Lapola

Nasi Lapola, makanan khas Ambon yang terkenal, menawarkan rasa unik melalui perpaduan kacang tolo dan beras. Berbeda dari nasi pada umumnya, beras hanya dimasak setengah matang sebelum ditaburi dengan kelapa parut dan sedikit garam.

Proses selanjutnya adalah mengukusnya hingga matang. Kelezatan dan kegurihan makanan ini pasti akan memuaskan siapa pun yang mencicipinya.

Demikianlah deretan makanan khas Kota Ambon, tempat yang dikunjungi oleh Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2843 seconds (0.1#10.140)