4 Kesalahan Minum Air Mineral yang Harus Dihindari, Salah Satunya Sambil Berdiri

Minggu, 29 Oktober 2023 - 08:07 WIB
loading...
4 Kesalahan Minum Air Mineral yang Harus Dihindari, Salah Satunya Sambil Berdiri
Minum air mineral sangat baik untuk tubuh. Namun, air mineral juga bisa menjadi bahaya untuk tubuh ketika kita salah dalam mengonsumsi. Kok Bisa? Foto/ ndtvimg
A A A
JAKARTA – Minum air mineral sangat baik untuk tubuh. Namun, air mineral juga bisa menjadi bahaya untuk tubuh ketika kita salah dalam mengonsumsi. Jadi, penting untuk mengetahui kesalahan minum air mineral agar terhindar dari bahaya.

Mengutip Health Shots pada Minggu (29/10/2023), minum air mineral dalam jumlah banyak saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air minum.



Untuk mengetahui kesalahan minum yang berbahaya, simak ulasannya berikut ini.

Kesalahan Minum Air Putih

1. Menghindari meneguk air dengan cepat

Meminum air dalam satu tarikan napas sangat baik. Tapi itu berbahaya jika sedang dalam keadaan terburu-buru.

“Jika sedang terburu-buru, jangan meneguk airnya karena kotoran di ginjal dan kandung kemih bisa menumpuk di bawahnya. Minumlah sedikit air saja untuk membantu pencernaan,” kata Dr. Moon.

Disarankan untuk meminum air secara perlahan karena memiliki berbagai manfaat.

2. Hindari minum air sesaat sebelum makan

Ayurveda mengatakan bahwa perut Anda harus diisi dengan 50 persen makanan, 25 persen air, dan 25 persen harus dibiarkan kosong untuk proses pencernaan. Itu sebabnya minum air sebelum makan bukanlah ide bagus.

“Melakukan hal itu bisa membuat Anda merasa lebih kenyang, dan kemudian Anda tidak akan bisa makan cukup. Anda tidak akan bisa mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang tepat dan bahkan dapat mengganggu pencernaan. Kemudian, Anda juga mungkin mengalami masalah seperti mual dan sembelit,” kata Dr Moon.

3. Jangan minum air sambil berdiri

Pernahkah Anda diingatkan oleh orang yang lebih tua untuk minum dalam posisi duduk? Hal itu bukan berarti pemikiran orang tua kuno. Peringatan tersebut demi kesehatan tubuh.

“Saraf seseorang menjadi tegang saat minum air sambil berdiri. Ini dapat mengganggu keseimbangan cairan dan menyebabkan gangguan pencernaan,” ucap Dr. Pritam Moon, konsultan dokter, Rumah Sakit Wockhardt, Mira Road.

4. Menambahkan pemanis buatan

Pemanis buatan mungkin tidak mengandung kalori, namun penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat meningkatkan berat badan dan berisiko memperburuk kondisi kesehatan tertentu.



Tidak hanya itu, gula meningkatkan kebutuhan air tubuh karena banyaknya air yang dibutuhkan untuk metabolisme gula. Jadi, meskipun minuman manis pada awalnya terasa menyegarkan, minuman tersebut sebenarnya bisa membuat dehidrasi.

“Jika Anda salah satu dari mereka yang cenderung menambahkan perasa atau pemanis buatan ke dalam air, segera hentikan hal itu. Cobalah untuk menghindari apa pun yang mengandung gula, sirup jagung fruktosa tinggi, aspartam, dan sukralosa. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih lemon, mint, atau herba,” kata dr. Moon.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)