Efek Samping dan Manfaat Minum Air Kelapa, Waspada untuk Penderita Ginjal

Minggu, 29 Oktober 2023 - 13:59 WIB
loading...
Efek Samping dan Manfaat Minum Air Kelapa, Waspada untuk Penderita Ginjal
Air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, Anda perlu waspada dengan efek sampingnya. Foto/ adobe stock.
A A A
JAKARTA - Air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti baik untuk kulit, perut dan banyak lagi.

Air kelapa berbentuk cairan bening, namun penuh nutrisi sehingga baik untuk kesehatan kita. Ini adalah minuman yang menghidrasi yang banyak diminum selama musim panas ketika suhu melonjak. Minum air kelapa juga bisa dilakukan kapan saja selama tidak berlebihan.

Sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan di US National Library Of Medicine menemukan bahwa minum air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus penderita diabetes. Ini juga memiliki manfaat bagi manusia!



Namun, air kelapa juga memiliki efek samping yang tidak boleh dianggap sepele. Meskipun Anda dapat minum air kelapa setiap hari, penderita retensi air, penyakit ginjal dan pascaoperasi jantung perlu melakukan beberapa batasan minum air kelapa.

Selain itu, moderasi adalah kuncinya. Jadi, meski sehat, jangan mengonsumsi air kelapa secara berlebihan. Dilansir healthshots pada Minggu (29/10/2023), berikut efek samping minum air kelapa .

Efek Samping Minum Air Kelapa

1. Minuman ini merupakan obat pencahar alami sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan diare.
2. Air kelapa adalah minuman nabati, dan beberapa orang mungkin alergi terhadapnya. Gatal-gatal, gatal dan bengkak merupakan beberapa gejala reaksi alergi terhadap air kelapa.
3. Air kelapa mengandung potasium yang tinggi, sehingga penderita masalah ginjal sebaiknya membatasi asupannya.
4. Minum air kelapa terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan air, yaitu suatu kondisi dimana tubuh memiliki terlalu banyak air. Gejala keracunan air bisa berupa sakit kepala, mual, muntah, dan kebingungan.

Manfaat Minum Air Kelapa

1. Kesehatan kulit

Air kelapa adalah sumber cairan yang baik dan dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Karena merupakan sumber antioksidan yang baik, Anda tidak perlu terlalu memikirkan garis-garis halus dan kerutan. Antioksidan dapat bekerja melindungi kulit Anda dari kerusakan. Ini juga mengandung vitamin C dan E, yang penting untuk kesehatan kulit, kata Vasudevan kepada Health Shots.

2. Pencegahan batu ginjal

Dokter akan menyarankan Anda untuk minum banyak air untuk mencegah batu ginjal. Minum juga air kelapa karena dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan mengencerkan konsentrasi mineral yang dapat membentuk batu. Tapi, tidak berlebihan.

3. Pencernaan

Air kelapa diketahui memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Ini juga mengandung enzim yang dapat membantu memecah makanan yang Anda makan.


4. Keseimbangan elektrolit

Air kelapa mengandung potasium, natrium, dan magnesium yang merupakan elektrolit penting yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi orang yang banyak berkeringat.

5. Pengaturan tekanan darah

Air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah, terutama pada penderita hipertensi. Hal ini disebabkan kandungan potasiumnya yang tinggi, yang membantu menyeimbangkan efek natrium.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)