6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur

Senin, 30 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur
Obat flu dan sakit tenggorokan yang paling manjur sangat beragam. Obat alami ini telah teruji bertahun-tahun keampuhannya dalam mengobati penyakit tersebut. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat flu dan sakit tenggorokan yang paling manjur sangat beragam dan bisa didapat dengan mudah. Obat alami ini tidak lekang oleh waktu dan telah teruji selama bertahun-tahun keampuhannya dalam mengobati dua penyakit tersebut.

Salah satu tanda umum penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus adalah sakit tenggorokan , batuk, dan flu . Gejala sakit tenggorokan dapat berupa iritasi, peradangan, atau rasa tidak nyaman yang tajam.

Menelan biasanya menyebabkan rasa sakit semakin parah. Amandel, langit-langit mulut, dan lidah semuanya bisa terkena dampak. Melalui kontak dekat dan berbagi peralatan dan benda, sakit tenggorokan dan flu dapat menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang lain.

Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur



Berikut obat flu dan sakit tenggorokan yang paling manjur dilansir dari Times of India, Senin (30/10/2023).



1. Madu

6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur

Foto/Getty Images

Pengobatan alami terbaik untuk sakit tenggorokan adalah madu. Kualitas antibakteri dan antivirus pada madu dapat membantu mengurangi gejala pilek dan batuk. Ini juga memiliki efek menenangkan, sehingga menjadikannya pengobatan yang efektif untuk ketidaknyamanan tenggorokan dengan cepat.

Sebelum tidur, ambil setengah sendok teh bubuk kayu manis yang dipadukan dengan satu sendok teh madu. Pengobatan ini juga dapat membantu membersihkan saluran pernapasan. Untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk, Anda juga bisa mengkombinasikan pasta jahe segar panas dengan madu dan mentega murni.

2. Sup Ayam

6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur

Foto/Getty Images

Meskipun kandungan sup ayam menawarkan unsur-unsur yang membantu sistem kekebalan tubuh, tidak ada bukti ilmiah yang dapat mengobati flu atau mempercepat pemulihan. Dikenal dapat menyembuhkan Anda dengan cepat karena dikonsumsi panas.

Selain menghidrasi dan menenangkan, makanan ini juga dapat meningkatkan suasana hati secara umum. Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa nutrisi dalam sup ayam dapat menyebabkan neutrofil tubuh bergerak lebih lambat.

3. Bawang Putih

6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur

Foto/Getty Images

Allicin, zat yang ditemukan dalam bawang putih, memiliki potensi efek antivirus dan antibakteri. Bawang putih dapat membantu mengurangi intensitas gejala pilek jika Anda mengonsumsinya. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa hal ini dapat membantu Anda mencegah penyakit sama sekali.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan kemungkinan khasiat bawang putih sebagai pengobatan, meningkatkan asupan bawang putih kemungkinan besar tidak akan membahayakan Anda.



4. Ajwain

6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur

Foto/Getty Images

Ajwain dapat meredakan sakit tenggorokan, batuk, dan pilek dengan cepat. Rebus air dengan daun kemangi dan tambahkan ajwain untuk membantu mengendalikan batuk. Ramuan ini juga membantu menghilangkan rasa tersumbat di hidung atau melegakan dada.

5. Air Kunyit

6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur

Foto/Getty Images

Kualitas antibakteri kunyit terkenal dapat mengobati penyakit akibat virus seperti pilek dan batuk. Panaskan segelas air dan potong dadu kunyit mentah di dalamnya. Jika tidak tersedia, Anda bisa menambahkan dua sejumput bubuk kunyit.

Biarkan mendidih selama 2 menit dan tutup. Tuang ke dalam gelas dan minum sebelum tidur. Ramuan ini langsung meredakan sakit tenggorokan dan flu.

6. Vitamin C

6 Obat Flu dan Sakit Tenggorokan yang Paling Manjur

Foto/Getty Images

Antioksidan vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh di antara banyak fungsi vitalnya dalam tubuh. Sumber makanan yang cocok untuk vitamin C terdiri dari buah jeruk, cabai merah, dan sayuran hijau subur. Saat Anda merasa tidak enak badan, menambahkan jus lemon segar ke dalam teh panas dengan madu dapat membantu merasa lebih baik.

Minum limun panas juga bisa bermanfaat. Meskipun mengonsumsi suplemen vitamin C atau melalui makanan kemungkinan besar tidak dapat mencegah flu, terdapat beberapa bukti bahwa suplemen tersebut dapat mengurangi gejala dan mempersingkat durasi penyakit ini.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)