5 Makanan yang secara Alami Membersihkan Darah Kotor, Ada Jeruk Nipis dan Bawang Putih

Rabu, 01 November 2023 - 08:30 WIB
loading...
5 Makanan yang secara Alami Membersihkan Darah Kotor, Ada Jeruk Nipis dan Bawang Putih
Memurnikan darah sangat penting untuk menjaga agar tubuh bekerja dengan baik dan mencegah penyakit. Caranya lewat makanan terbaik. Foto/ netmeds.
A A A
JAKARTA - Memurnikan darah sangat penting untuk menjaga agar tubuh bekerja dengan baik dan mencegah penyakit.

Namun, alangkah baiknya membersihkan darah dalam tubuh dilakukan secara alami. Pembersih darah alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Mengutip Netmeds pada Selasa (31/10/2023), berikut makanan yang ampuh untuk bersihkan darah kotor.


1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa aktif yang memiliki sifat detoksifikasi menakjubkan. Kurkumin merupakan antioksidan alami dalam kunyit yang menghasilkan enzim detoksifikasi sehingga mampu membersihkan darah kotor di dalam tubuh.

Ada beberapa cara untuk menikmati kunyit dalam sehari-hari. Salah satu contohnya yakni dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam teh untuk disantap sehari-hari.

2. Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai bumbu dapur yang bisa membantu meningkatkan cita rasa makanan. Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat lainnya yakni menghilangkan darah kotor.

Hasil penelitian membuktikan bahwa bawang putih mendetoksifikasi darah dengan melindungi hati dari zat beracun. Bawang putih juga menunjukkan sifat antimikroba yang kuat, membantu memurnikan darah dan menjaga usus Anda bebas dari bakteri, parasit, dan virus.

3. Daun Ketumbar

Polusi serta mengonsumsi makanan sembarangan mampu membuat darah dalam tubuh kotor karena mengandung merkuri dan logam berat. Untuk membersihkan kembali darah dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi daun ketumbar.

Klorofil dalam sayuran berdaun membantu detoksifikasi darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran cruciferous mengandung senyawa sulfur yang dapat mendetoksifikasi darah dan mengurangi peradangan.


4. Jeruk nipis

Mengonsumsi air jeruk nipis memang sangat menyegarkan. Selain itu, minum air jeruk nipis ternyata mampu memurnikan darah dan mendetoksifikasi hati. Menurut Dr Alexander F. Beddoe, hati akan menghasilkan lebih banyak enzim dari jus lemon segar dibandingkan elemen makanan lain yang dapat meningkatkan fungsi hati.

Tidak hanya itu saja, Vitamin C dalam jeruk nipis juga berguna sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan produksi glutathione, protein detoksifikasi hati.

5. Cabai rawit

Capsaicin dalam cabai rawit memiliki sifat pemurnian darah yang membantu tubuh membuang racun termasuk darah kotor. Capsaicin adalah senyawa yang memberi rasa pedas pada lada dan cabai. Journal of Molecular and Cellular Biochemistry mengungkapkan bahwa capsaicin juga ampuh menghancurkan beberapa karsinogen.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)