3 Tahap Dapatkan Kulit Cerah

Selasa, 19 September 2017 - 02:14 WIB
3 Tahap Dapatkan Kulit Cerah
3 Tahap Dapatkan Kulit Cerah
A A A
JAKARTA - Kulit yang sehat dan cerah menjadi dambaan wanita, khususnya perempuan Asia. Untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah, ada tiga tahap penting yang harus dilakukan.

Dermatolog Dr David Fenton mengatakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami perempuan adalah kulit kusam yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri untuk tampil di depan umum.

“Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit perempuan menjadi kusam. Faktor tersebut datang dari faktor internal maupun eksternal,” ujar Dr Fenton, dikutip dari dailymail.

Dr Fenton menjelaskan faktor penyebab kulit kusam, di antaranya kurang minum air putih, kurang menggunakan pelembap wajah, polusi udara, dan kurang vitamin A & B.

Faktor-faktor lain yang menyebabkan kulit kusam, di antaranya cuaca pancaroba, paparan sinar matahari, dan kurang bersih saat mencuci wajah. Adapun menurut dr Sari Chairunnisa, SpKK, asal tahu langkah dan cara yang benar, mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah bukanlah hal sulit.

Ada tiga tahap penting untuk mendapatkan tampilan kulit cerah. Tahap pertama yakni membersihkan wajah dengan cara yang tepat. Menurut Sari, membersihkan wajah adalah hal penting yang harus dilakukan setiap hari.

“Permukaan kulit wajah yang terkena riasan, debu, kotoran, serta polusi tentu menjadikannya kotor. Jika tidak dibersihkan maka akan timbul berbagai masalah kulit seperti jerawat,” katanya.

Tahap kedua yakni menggunakan pelembap dan krim untuk menutrisi kulit. Kulit membutuhkan nutrisi untuk membuatnya tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Semakin bertambah usia maka akan berkurang juga tingkat kelembapannya.

“Anda juga harus menjaga kelembapan kulit dengan cara menggunakan krim pelembap. Krim ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhannya. Oleskan krim secara teratur pagi dan malam agar hasilnya maksimal. Ciri kulit lembap adalah halus dan kenyal,” ungkapnya.

Sari menambahkan, penumpukan sel kulit mati jika dibiarkan akan membuat wajah terlihat kusam. Terlebih jika kulitnya termasuk sensitif, maka tak heran jika muncul berbagai masalah seperti jerawat dan sejenisnya.

“Untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, bisa menggunakan krim eksfoliasi atau scrub saat proses mencuci wajah,” ujarnya.

Adapun tahap ketiga untuk mendapatkan tampilan kulit cerah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menurut Sari, tinggal di negara tropis, paparan sinar matahari jadi hal yang tak bisa dihindari. Karena itulah cara menjaga kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan tabir surya.

“Pilih tabir surya yang mengandung SPF, minimal SPF 30 dan UV Protection untuk menjaga kesehatan dan kecerahan kulit,” ucapnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4912 seconds (0.1#10.140)